Penguatan karakter bangsa, mahasiswa Prodi PPKn FKIP ikuti program MBKM bela negara. Foto: Dok/UKSW

“Selain itu, puluhan mahasiswa yang mengikuti rangkaian kegiatan hingga akhir akan menerima sertifikat penghargaan dan mengumpulkan refleksi tentang pentingnya pendidikan bela negara, yang kemudian akan kami cetak menjadi sebuah buku,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwira Seksi Pembinaan Kemampuan Teritorial Korem 073/Makutarama Mayor Inf. Muhlisin mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terkait bela negara, menambah jiwa nasionalisme, serta menciptakan mahasiswa yang berkarakter, kompak, dan solid terhadap rekannya.

“Tujuan lainnya memberikan gambaran ketika mereka kembali kepada masyarakat bagaimana harus bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Selain itu, harapannya mereka juga dapat mengaktualisasikan apa yang telah didapat dari program ini,” bebernya.

Menurutnya, salah satu hal yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa adalah dengan melakukan outbound bela negara dan pelatihan baris berbaris. Ia menegaskan kegiatan outbound ini merupakan wujud pembekalan keterampilan personal yang dirancang dengan berbagai permainan untuk membantu mahasiswa menjadi pribadi yang siap.

“Wawasan kebangsaan bela negara perlu ditanam kepada mahasiswa karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Saya berharap materi dan praktik yang diberikan dapat menjadi bekal untuk menguatkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air,” tuturnya.

Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam program MBKM Bela Negara, antara lain pembekalan MBKM Bela Negara pada Sabtu (30/01/2024) di ruang E201 Gedung FKIP. Kemudian latihan baris berbaris, pembentukan karakter cinta bangsa dan tanah air, wawasan kebangsaan, dan sosialisasi bahaya narkoba telah digelar pada Sabtu (01/02/2024) di Komando Distrik Militer (Kodim) 0714/Salatiga.

Tak berhenti sampai di situ, kegiatan lainnya yakni kunjungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Salatiga akan dilaksanakan pada Sabtu (24/02/2024) dan kunjungan Alat Utama Sistem Senjata (ALUTSISTA) TNI di Batalyon Kavaleri 2/TC Kecamatan Ambarawa pada Sabtu (02/03/2024) mendatang.

Ning S