blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto mengukuhkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal jajaran Pemasyarakatan. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto mengukuhkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jateng tahun 2024.

Apel pengukuhan berlangsung di Ballroom The Wujil Resort and Conventions, Ungaran, Kabupaten Semarang pada Selasa (20/2/2024) dengan dihadiri seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Jawa Tengah.

Kegiatan pengukuhan disaksikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kadiyono yang pada kesempatan itu memimpin pembacaan ikrar Satops Patnal Pas.

Tim Satops Patnal Pas memiliki tugas merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, melaporkan dan menindaklanjuti kegiatan pencegahan, penindakan, pemantauan, supervisi dan evaluasi terhadap pelanggaran prosedur, penyalahgunaan wewenang dan gangguan keamanan dan kertiban pada bidang perawatan, pembinaan, pembimbingan, pengelolaan basan dan baran, pengamanan serta pembinaan kepegawaian di UPT Pemasyarakatan.

Sebagaimana yang tertulis dalam Surat Keputusan Kakanwil Kemenkumham Jateng Nomor : W13–26 OT.02.02 tahun 2024 tentang Pembentukan Satops Patnal Pas.

Kakanwil Tejo menegaskan peran Satops Patnal Pas yakni mencegah gangguan keamanan yang mungkin terjadi di satuan kerja.

“Satops Patnal Pas menutup celah gangguan keamanan dan ketertiban, nantinya tim ini juga akan bergandengan tangan dengan aparat penegak hukum lainnya,” jelas Tejo.

Melalui ikrar yang telah diucapkan, Tejo berharap pengukuhan ini menguatkan kesungguhan jajaran Pemasyarakatan di Jawa Tengah untuk lebih solid lagi dalam menjalankan setiap tugas.

“Pengukuhan ini merupakan titik awal kesungguhan dari rekan-rekan semua, tidak mengkhianati organisasi dan bersumpah melaksanakan tugas secara optimal. Sehingga Pemasyarakatan akan lebih solid lagi,” tandas Tejo.

Pengukuhan dilakukan secara simbolis. Satops Patnal Pas Kanwil diwakili empat orang pegawai, sementara Satops Patnal Pas UPT diwakili oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se-Jateng selaku penanggungjawab di masing-masing satuan kerjanya.

Ning S