blank
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Jepara, Ali Hidayat beserta peserta audisi dan para guru

JEPARA (SUARABARU.ID) – Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement (OISCA) telah mengadakan audisi Duta Children Forest Program (CFP) yang berlangsung di SDN 5 Suwawal Senin 19 Februari 2024. Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Jepara, Ali Hidayat. Turut mendampingi, Kasi Olahraga, Wahyu Hidayat yang juga dikenal sebagai aktivis pemerhati lingkungan

Dalam sambutannya Ali Hidayat mengharapkan, dengan adanya perwakilan siswa dari SDN 5 Suwawal yang belajar langsung ke Jepang dapat memberikan motivasi kepada anak – anak dan sekolah untuk lebih memberikan perhatian terhadap pelestarian lingkungan hidup. “Semoga kegiatan serupa juga dapat dilakukan di sekolah lainnya di Jepara pada tahun-tahun mendatang,” pintanya .

blank
Khaista Eka Ayuningtyas (baju kuning) dari SDN 5 Suwawal sebagai juara 1 dan berhak mewakili Indonesia untuk berangkat ke Hokaido dan Osaka Jepang

OISCA International di Indonesia memiliki program pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda untuk bidang lingkungan hidup dan kebudayaan masyarakat. Salah satu program lingkungan hidup yang dijalankan yaitu CFP (Children’s Forest Program) sejak tahun 1993 hingga saat ini.

Sedangkan Program CFP masuk di Kabupaten Jepara pada Tahun 2009 dengan melaksanakan kegiatan yang berorientasi dalam preservasi lingkungan hidup di berbagai sekolah.

blank
Kasi Olahraga, Wahyu Hidayat saat akan mengenakan selempang juara pada Khaista Eka Ayuningtyas

Pada Tahun ini, CFP Jepara terpilih langsung oleh OISCA untuk berpatisipasi dalam CFP GOODWILL AMBASSADORS 2024 (Duta CFP) sebagai CFP Ambassadors.

Pemilihan Duta ini berlangsung di SD Negeri 5 Suwawal, dengan jumlah peserta setelah seleksi sebanyak 14 siswa SDN 5 Suwawal yang berasal dari kelas empat dan lima. Adapun seleksi terdiri dari wawancara, tes fisik, pidato/presentasi kegiatan CFP, talenta dan kemampuan bahasa asing.

Hasil audisi menetapkan ananda Khaista Eka Ayuningtyas dari SDN 5 Suwawal sebagai juara 1 dan berhak mewakili Indonesia untuk berangkat ke Hokaido dan Osaka Jepang pada bulan Mei 2024 mendatang.

Sementara Kasi Olahraga, Wahyu Hidayat mengajak para pelajar mulai peduli lingkungan. “Mulai langkah kecil dari diri sendiri, budayakan hidup bersih, kurangi penggunaan plastik dan penghematan energi untuk generasi Indonesia Emas. Ayo cintai lingkungan! Kita jaga alam bersama, agar alam senantiasa menjaga kita” ucap Wahyu Hidayat.

Hadepe – Amaliya HR