blank
Tim PkM Dosen Fakultas Ekonomi USM, memberikan pelatihan pemanfaatan instagram di Kedai Rams 49, Komplek I B, Jalan Imam Bonjol, Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan pemanfaatan instagram sebagai media promosi dalam upaya peningkatan penjualan’, di Kedai Rams 49, Komplek I B, Jalan Imam Bonjol, Semarang, baru-baru ini. Tim PkM USM terdiri dari Ketua Albert SE MM PhD dan anggota Juhanes SE MM.

Albert mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membantu pemilik Kedai Rams 49, guna mempromosikan Kedainya kepada masyarakat luas. Hasil survei awal menunjukkan, Kedai Rams 49 ini, belum memiliki sarana promosi yang sangat penting bagi peningkatan penjualan kedai.

”Pelaksanaan pengabdian dilakukan dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi hingga tahap pelaporan,” katanya.

BACA JUGA: TPS 11 Kunden Blora Bernuansa Cinta, Bagikan Coklat untuk 100 Pencoblos Awal

blank
Para dosen Fakultas Ekonomi USM saat berdiskusi dengan pemilik Kedai Rams 49. Foto: dok/usm

Menurutnya, pendekatan yang akan diberikan kepada mitra berupa sosialisasi melalui pemaparan materi, dan dilanjutkan dengan praktik yang disertai pendampingan, agar dapat membantu kesulitan mitra pada saat praktik.

Selain itu, untuk mengukur keberhasilan program, pihaknya melakukan diskusi sebelum dan sesudah program dilakukan, serta memberikan latihan setelah semua materi selesai diberikan.

”Kegiatan dilakukan tiga kali, dimana pertemuan pertama dilakukan pemberian materi dan pembuatan instagram, serta kegiatan kedua serta ketiga berupa monitoring. Kami berharap, kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan omzet penjualan dari mitra Kedai Rams 49, di masa yang akan datang,” ujarnya.

Riyan