blank
Ketua Umum Forkommas Imanuel Adhi Siswanto Wisnu Nugroho didampingi Wakil Ketua Bidang Peranan Wanita Stefany dan Wakil Sekretaris Aby Maulana usai coblos Pemilu, menyerahkan bantuan sosial kepada pengungsi korban banjir Kabupaten Demak, yang berada di Gedung PHI Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Rabu (14/02/2024). Foto Dok 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk kepedulian sosial kepada warga korban banjir akibat tanggul jebol di beberapa titik sungai di Kabupaten Demak, Forum Komunikasi LSM dan Ormas (FORKOMMAS) RI Jawa Tengah memberikan bantuan sosial yang diserahkan usai mencoblos Pemilu 2024 Rabu (14/02/2024).

Hal itu juga sebagai bentuk perwujudan kasih sayang kepada umat manusia di Hari Valentine, yang identiknya dimaknai sebagai hari kasih sayang di sebagian masyarakat Indonesia dan dunia.

Ketua Umum Forkommas Imanuel Adhi Siswanto Wisnu Nugroho mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk solidaritas, keprihatinan dan kepedulian Forkommas terhadap korban banjir yang dialami warga di perbatasan Demak-Kudus, khususnya yang berada di Desa Tanggul Angin, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

“Ya bantuan ini kami berikan, dari teman-teman Forkommas, sebagai bentuk peduli dan turut merasakan akibat bencana banjir yang terjadi.  Semoga batuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di tempat pengungsian ini,” ujarnya saat penyerahan bantuan di tempat pengungsian Gedung PHI Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak.

Bantuan Forkommas berupa berbagai barang kebutuhan korban banjir tersebut, langsung diterima oleh penanggung jawab tempat pengungsian, dari Korem 073/Makutarama, yang pada kesempatan itu langsung mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

Sedang bantuan yang diserahkan oleh rombongan Forkommas, yang diwakili oleh Ketua Umumnya didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Peranan Wanita Stefany dan Wakil Sekretaris Aby Maulana serta dikawal oleh beberapa Satgas tersebut, berupa kebutuhan makan pengungsi, seperti beras, telor, mie instan dan perlengkapan lainnya.

“Forkommas akan terus menggalang bantuan dana dari donatur-donatur dermawan, agar bisa lebih meringankan beban masyarakat yang terdampak, dengan membawa bantuan yang benar-benar mereka butuhkan saat ini. Seperti obat-obatan serta beberapa vitamin, untuk menjaga kesehatan pengungsi korban banjir. Karena itu kebutuhan mendesak juga,” ungkap Pdt Imanuel Adhi Siswanto Wisnu Nugroho.

Stefany, Wakil Ketua Bidang Peranan Wanita Forkommas juga mengatakan, jika bertepatan pada hari valentine tersebut, Forkommas memiliki 2 agenda penting, yaitu memberikan hak pilihnya untuk masa depan bangsa, dengan ikut mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan peduli kasih dengan memberikan bantuan ke korban banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

“Hari ini kan hari Valentine, jadi kami mewujudkan bentuk kasih sayang dengan 2 bentuk tindakan, yaitu mencoblos di TPS untuk menentukan pemimpin bangsa dan para wakil rakyat dalam pemilu. Kemudian yang kedua, dengan Peduli Kasih, memberikan bantuan sosial kepada yang saat ini mengalami musibah,” ungkap Stefany.

Rumah Tenggelam

Salah satu petugas dari TNI AD, yang terlibat membantu di pengungsian warga korban banjir, Serka Gunari merasa kasihan dengan kondisi yang dialami para korban, karena susah tidak memiliki apa-apa, karena rumahnya tenggelam akibat banjir, bahkan ada juga rumah yang hanyut terbawa arus banjir.

“Kasihan mereka benar benar habis habisan nggak punya apa apa. Karena sampai ada rumah yg ikut hanyut sampai seisi rumahnya,” tutur Serka Gunari di Kamp Pengungsian.

Kebutuhan mendesak saat ini, lanjutnya, yang sangat dibutuhkan pengungsi cebayak 470 orang, yang berada di Gedung PHI adalah berbagai macam obat-obatan dan vitamin-vitamin untuk menjaga kesehatan para pengungsi.

“Yang dibutuhkan sangat mendesak saat ini adalah Obat-obatan. Seperti Minyak Tawon, Balsam, Minyak Kayu Putih, obat diare dan vitamin-vitamin,” imbuhnya.

Absa