Proses penghitungan suara di TPS Loksus Lapas Semarang. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang baru saja menyelenggarakan pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di TPS lokasi khusus (Loksus) Lapas Semarang, Rabu (14/2/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kunjungan Lapas Semarang ini dilaksanakan secara jujur dan adil (Jurdil).

Hal itu disampaikan Kepala Lapas (Kalapas) Semarang, Usman Madjid dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/2/2024).

Usman menyampaikan, ada 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan untuk 1.510 warga binaan yang mempunyai hak pilih dan DPTb pegawai Lapas sebanyak 69 orang.

“Dalam gelaran pemilu dilaksanakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di masing masing TPS Loksus Lapas Semarang, yang disaksikan oleh Pengawas TPS dari Bawaslu dan para saksi baik dari saksi capres maupun partai politik,” kata Usman.

Usman menegaskan, pelaksanaan pemilu di Lapas Semarang dilakukan secara jurdil, terjadwal dan tertib. “Jadi dalam pelaksanaannya warga binaan secara bergantian dari Blok Abimanyu hingga Blok Kresna mengikuti jalannya pemungutan suara dengan tertib. Total ada 12 blok hunian. Setiap warga binaan datang ke lokasi TPS yang sudah ditentukan dengan membawa surat undangan pemilu yang pada hari sebelumnya sudah dibagikan,” ungkap Usman.