blank
Rombongan Forkopimda Kota Semarang melakukan kegiatan pengecekan distribusi logistik Pemilu di GOR Manunggal Jati, Kota Semarang, Senin (12/2/2024). Foto: Humas Pemkot

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menjelang hari pencoblosan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Semarang yang dipimpin Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, melakukan pengecekan ke gudang logistik Pemilu di sejumlah kantor kecamatan, Senin (12/2/2024).

Dalam kesempatan itu, walikota mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan keamanan dan keutuhan logisitik Pemilu terus terjamin, dan pelaksanaan Pemilu bisa berjalan lancar. Dirinya tidak ingin ada kerusakan pada surat dan kotak suara maupun hal-hal yang menghambat jalannya pelaksanaan Pemilu.

Lebih jauh dirinya meminta agar tiap-tiap sudut ruangan gudang dicek dan dipastikan tidak ada kebocoran di atap. Hal ini agar ketika hujan tidak ada logistik Pemilu yang rusak karena terkena air. Apalagi saat ini masih musim hujan.

Tak hanya itu saja, kepada para personel tim keamanan gabungan dirinya juga meminta pengamanan prima yang terus dilakukan sampai pelaksanaan inti tahapan Pemilu. Ia berharap skema-skema yang sudah didiskusikan bisa dilaksanakan dengan tanggung jawab, termasuk pemasangan CCTV.

“Kita hanya melihat dari luar saja, karena jangan sampai nanti terjadi apa-apa. Tapi dipastikan gudang logistik aman. Pengamanan semuanya, melibatkan unsur dari TNI-Polri. Di sini kan tingkat kecamatan, jadi pengamanannya ada dari Polsek dan Koramil. Kalau di kelurahan ada Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dan Linmas. Kemarin teman-teman kecamatan dan kelurahan sudah membagikan tugas untuk pengawalan, dan diharapkan semua bisa berjalan lancar,” katanya di sela-sela kegiatan.

Ia juga berpesan kepada Camat dan Lurah untuk memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan terjadi bencana. Walikota berharap pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di Kota Semarang bisa berjalan dengan lancar. Dirinya mengakui saat ini sudah ada beberapa kecamatan yang melakukan distribusi logistik ke kelurahan.

“Dan rencananya tadi koordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk hari ini juga sudah mulai didistribusikan ke kelurahan, dan tentu kita berharap proses ini bisa berjalan lancar. Khususnya distribusi logistik dari kecamatan ke kelurahan, dan dini hari besok hari Rabu pagi sudah bisa terdistribusikan ke TPS masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang atas dukungan dalam mewujudkan pelaksaan Pemilu 2024 yang sukses dan berjalan lancar. Meski demikian, ia juga meminta kepada jajarannya untuk intens berkoordinasi dengan pimpinan-pimpinan di wilayahnya masing-masing.

“Karena tujuannya yang memahami situasi di lapangan itu teman-teman kecamatan, termasuk kaitannya dengan pengamanan. Kalau soal gudang logistik kami sangat percaya bahwa pemerintah kota sangat support untuk memastikan semua gudang-gudang logistik di kecamatan maupun kelurahan itu dalam kondisi baik,” katanya.

Hery Priyono