blank
Pj Bupati Jepara Edy Sujatmiko saat terima kunjungan PT Polkinghornes dari Hawthorn Victoria-Australia

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta menyambut baik rencana investasi PT Polkinghornes dari Hawthorn Victoria-Australia yang ingin mengembangkan peternakan sapi di Jepara. Hal tersebut diungkapkan saat menerima kunjungan perusahaan tersebut di ruang Command Center Setda Jepara, Senin (12/2/2024).

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Sekda Edy Sujatmiko, Asisten II Sekda Hery Yulianto, Nurcholis Dirut Perumda Aneka Usaha, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah

Perusahaan peternakan sapi modern itu didirikan oleh Dr. Rod Polkinghorne yang merupakan pelopor industri daging sapi modern di sana. Dari PT Polkinghornes hadir James dan Rod.

Menurut Pj. Bupati H. Edy Supriyanta, investasi ini merupakan prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan di Jepara. Meski begitu, ada beberapa hal yang masih perlu dikaji lebih lanjut. Seperti lahan yang akan digunakan, sebab tanah milik pemkab yang dikelola oleh Perumda Aneka Usaha.

“Kami menyambut baik penawaran kerjasama tersebut. Kita akan kaji lagi, karena tanah itu milik pemkab dan untuk investasi,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Nurcholis menjelaskan, PT. Peternakan Polkinghornes Indonesia (PPI) bekerja sama dengan Greenham dan Teys untuk berinvestasi peternakan sapi sampai proses pemasaran. “Wilayah Jepara, dia nilai punya potensi untuk dikembangkan sebagai usaha dalam bidang peternakan sapi,” ujarnya

Dijelaskan oleh Nurkholis, lahan yang ada di Pakisaji memiliki luas kurang lebih 100 hektare. Sebelumnya digunakan untuk ditanami singkong. Oleh sebab itu, Perumda Aneka Usaha melalui agribisnis dan agrowisata berencana melakukan inovasi bisnis dalam bidang peternakan sapi.

Gagasan ini, dia sebut mengacu pada rekomendasi DPRD Kabupaten Jepara 2022. Itu dalam rangka inovasi bisnis yang memiliki potensi lebih bagus, sehingga mampu mendongkrak pendapatan asli daerah. “Di Pakisaji lahan yang kami kelola cukup potensial dan memadai. Tentunya ini akan meningkatkan PAD untuk Jepara,” tuturnya.

Menurut Nurkholis, apabila kerja sama ini berjalan, Perumda Aneka Usaha berkomitmen memenuhi kebutuhan lahan dan perjanjian. Sedangkan PT Peternakan Polkinghornes Indonesia melakukan pembangunan fasilitas produksi, teknologi peternakan, pemasaran dan permodalan.

Hadepe