blank
Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama, melakukan kunjungan ke lokasi KKN Undip di Kabupaten Pemalang beberapa waktu lalu. Foto: Undip

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Yos Johan Utama, meminta semua mahasiswa Undip yang sedang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bisa membangun sikap mental leadership dan tanggung jawab di tengah masyarakat.

Hal tersebut diutarakannya saat dirinya melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke salah satu lokasi program KKN Tim I Undip Tahun Akademik 2023/2024 di Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, beberapa waktu lalu.

“Kegiatan Monev KKN ini bertujuan untuk mengamati dan mengevaluasi secara langsung bagaimana hasil inovasi dan program kerja mahasiswa KKN yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya saat memberikan keterangan pers, Minggu (11/2/2024).

Dalam kunjungannya tersebut, Prof Yos mengungkapkan bahwa kegiatan KKN yang telah dilakukan menjadi salah satu ibadah dalam bidang ilmiah karena dalam kegiatan KKN tersebut mahasiswa didorong untuk membantu masyarakat sekitar, selain juga untuk mengajarkan mahasiswa bagaimana hidup di tengah masyarakat.

“Kami turunkan mahasiswa KKN supaya mereka mengenal bagaimana hidup di masyarakat, tidak hanya di dalam kelas. Berikan yang terbaik, sesuai dengan kualitas Undip salah satu kampus terbaik di Indonesia,” kata Prof Yos.

Tak hanya itu saja, Prof Yos juga menambahkan kalau kegiatan program KKN di tengah-tengah masyarakat ini dapat membangun pengalaman leadership dan tanggung jawab mahasiswa.

“Insyaallah dengan itu semua kita akan mendapatkan generasi muda Indonesia yang lebih baik. Kami mengucapkan terima kasih mahasiswa KKN Undip telah diterima dan difasilitasi dengan baik,” tambah Prof Yos.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kabupaten Pemalang, Gunawan Wibisono, mengungkapkan bahwa kehadiran mahasiswa Undip dapat menjadi jembatan antara perguruan tinggi dengan masyarakat dalam rangka membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk menyelesaikan kewajiban kurikulum kuliah saja, namun ada juga proses transfer pengetahuan dan kemampuan kepada masyarakat sehingga memberikan manfaat yang nyata dan dapat dirasakan langsung oleh warga masyarakat,” ungkap Gunawan.

Melalui program KKN, mahasiswa berkesempatan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang dipelajari di kampus untuk dipraktekkan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kami telah melakukan monev kegiatan KKN, dan berdasarkan hasil monev para mahasiswa telah melakukan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat dan bersinergi dengan masyarakat di lokasi KKN,” jelasnya.

Senada, Camat Warungpring, Vivien Widyasari, mengucapkan terima kasih atas kontribusi mahasiswa selama menjalankan program KKN di desa di wilayah Kecamatan Warungpring dan di wilayah lainnya.

“Kami berharap ke depan kita bisa melanjutkan kerja sama pada agenda selanjutnya,” ujar Vivien.

Kegiatan Monev program KKN Tim I Undip yang mengusung tema ‘Krida Bhakti: Gema Kreasi Diponegoro, Wujudkan Asa Gemilang Bumi Pemalang’ ini diikuti sebanyak 484 mahasiswa yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Pemalang.

Hery Priyono