blank
Ganjar berbincang dengan Uskup Mgr Paskalis Bruno Syukur, mengenang foto Bung Karno saat mengunjungi Keuskupan Bogor, beberapa tahun silam. Foto: tmgp

BOGOR (SUARABARU.ID)– Bersama Siti Atikoh, Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke Keuskupan Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/2/2024). Kehadiran capres nomor urut 03 itu, melakukan napak tilas mantan Presiden RI, Soekarno, dalam upaya menjaga toleransi di Indonesia.

Keuskupan Bogor tidak lepas dari peran Monsinyur Geise, yang juga sebagai uskup pertama. Pada awal pendiriannya, Bung Karno menemui Monsinyur Geise di Keuskupan, untuk meneguhkan toleransi di Indonesia saat itu. Pertemuan itu diabadikan dalam foto yang ditempel di dinding, salah satu gedung katedral.

Begitu pula saat Ganjar melakukan silaturahmi, dia juga membawa semangat toleransi. Kedatangan Ganjar itu, disambut langsung Uskup Mgr Paskalis Bruno Syukur.

BACA JUGA: Ganjar Belajar dari Gus Dur Tentang Nilai-nilai Kemanusiaan

blank
Bersama Siti Atikoh, Ganjar Pranowo melakukan foto bersama dengan beberapa umat gereja, usai melakukan peribadatan. Foto: tmgp

”Ternyata Bung Karno beberapa kali sering ke sini, dan berdialog. Jadi saya membayangkan, kalau dulu mereka berdialog, maka hari ini kita juga berdialog, sama kan?” ujar Ganjar.

Capres berambut putih itu juga menambahkan, dia meyakini, umat Katholik memiliki slogan yang pernah digaungkan Albertus Soegijapranata, ‘Seratus persen Katholik, seratus persen Indonesia’.

”Jadi saya ingin, antara ulama dan umara bersatu, untuk bisa menyelesaikan persoalan bangsa ini,” terangnya.

BACA JUGA: Tingkat Gotong-Royong Warga, Babinsa Ikut Pasang Paving Jalan Kedinding Kedungtuban

Sementara itu, Mgr Paskalis Bruno Syukur menyatakan, pihaknya mendukung upaya Ganjar dalam menjaga toleransi.

”Kami dari gereja Katholik Keuskupan Bogor menegaskan, siap bersama calon pemimpin untuk memajukan Indonesia yang berkeadilan dan sejahtera,” ungkapnya.

Pihaknya pun menyampaikan apresiasinya, atas kehadiran Ganjar dan Siti Atikoh. ”Terima kasih Pak Ganjar, telah meneguhkan perjuangan kami,” tandasnya.

Riyan