blank

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Dalam pelaksanaan Pemilu 2024, jajaran aparat keamanan di Kabupaten Grobogan menegaskan netral saat pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pemungutan suara yang akan digelar pada 14 Februari 2024 memang dilaksanakan untuk memilih Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, aparat Polri dan TNI menyatakan tegas dan menyatakan netralitas sesuai dengan peraturan yang ada.

BACA JUGA : Banjir Demak, Pantura Masih Lumpuh, Ratusan Warga Harus Dievakuasi ke Kudus

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengatakan netralitas kepolisian sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri di Pasal 28.

Dalam ketentuan itu, katanya, ditekankan bahwa Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Pada intinya, Polri tidak diperbolehkan untuk melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis, baik secara langsung maupun tidak langsung,” kata AKBP Dedy Anung Kurniawan, belum lama ini.

Hal serupa disampaikan oleh Komandan Kodim 0717/Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan. Ia menegaskan TNI bersikap netral dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Pihaknya juga selalu mengingatkan kepada seluruh anggota Kodim 0717/Grobogan untuk mempedomani aturan dan menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2024.

“TNI bersikap netral dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis atau dengan kata lain, TNI tidak berpihak, tidak ikut dan tidak membantu salah satu pihak,” tegas Letkol Arh Muda Setyawan.

Koordinator Wilayah Badan Intelijen Negara (BIN) Grobogan Wahyu Kuncoro mengungkapkan, netralitas aparatur negara dalam pelaksanaan pesta demokrasi adalah hal yang mutlak.

BACA JUGA : Bawaslu Tangani 261 Dugaan Pelanggaran Pemilu

Selain menjunjung netralitas, ungkapnya, sebagai lembaga negara yang bertugas di bidang intelijen, BIN berkomitmen menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan kondusif.

Dirinya menyebut pelaksanaan Pemilu yang demokratis tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab penyelenggara Pemilu, melainkan menjadi komitmen bersama seluruh komponen bangsa.

“BIN bersama seluruh stakeholder berkomitmen menjaga netralitas untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berintegritas” ungkapnya, Kamis (8/2/2024).

TYA WIEDYA