LABKESDA - Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki (kanan) meninjau fasilitas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) usai peresmian. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Satu lagi layanan kesehatan terbaru dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, yakni Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Berupa pelayanan cek kesehatan bagi calon jamaah haji maupun umrah untuk mengetahui kondisi tubuhnya, sebelum beribadah ke Tanah Suci.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mendukung atas dibangunnya Labkesda, karena memudahkan akses apabila membutuhkan layanan pengecekan kesehatan lebih lanjut bagi calon jamaah haji.

“Layanan cek kesehatan tidak hanya diperuntukkan bagi calon jamaah haji, tapi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum karena sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya, saat ditemui, usai meresmikan Gedung Labkesda, Dinas kesehatan Kabupaten Batang, Rabu (31/1/2024).

Di sisi lain, Lani mengharapkan, Labkesda yang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dapat dioptimalkan layanannya, sehingga mampu membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Labkesda Batang Endang Mandarati mengatakan, Labkesda memberikan 4 jenis layanan yakni laboratorium medis untuk pemeriksaan darah dan urin, biomolekuler untuk pemeriksaan Covid, TBC, HPV DNA, mikrobiologi untuk pemeriksaan mikroskopis urin serta bakteri baik di makanan dan minuman, juga kesehatan masyarakat untuk pemeriksaan kimia air dan limbah.

Layanan lain yang telah ada yakni tes Narkoba. Serta yang sedang diupayakan adalah tes kesehatan jiwa bagi calon ASN dengan berkolaborasi bersama ahli kejiwaan.

“Bagi masyarakat umum utamanya yang tergabung dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), dapat memanfaatkan layanan secara gratis melalui rujukan dari dokter keluarga maupun Puskesmas setempat,” tandasnya.

Nur Muktiadi