blank
Di hadapan para nelayan yang ada di kampung nelayan Kurnia, di Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatera Utara, Ganjar berjanji akan memutihkan kredit macet yang dipunyai para nelayan. Foto: tmgp

MEDAN (SUARABARU.ID)– Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, menyambangi kampung nelayan Kurnia, di Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/1/2024). Capres nomor urut 3 itu diteriaki ‘Ganjar Presiden’, oleh ribuan nelayan yang ada.

Ganjar yang mengenakan kemeja putih bergambar tiga jari, tak henti melempar senyum dan melayani permintaan salaman dan foto bersama. Usai itu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini, kemudian mengajak para nelayan berdiskusi sekaligus menyerap aspirasi mereka.

Kamal, seorang nelayan misalnya, mengeluhkan tidak mampu membayar kredit, karena nelayan kecil pendapatannya tidak menentu. Apalagi tidak ditunjang dengan peralatan yang memadai.

BACA JUGA: Calon Ibu Negara Hebohkan Pasar Oro Oro Dowo

blank
Bersama salah satu pendukungnya, Ganjar memeragakan cara mencoblok Paslon Nomor Urut 3. Foto: tmgp

”Kami nelayan kecil, harus utang dulu. Tapi seringnya macet bayar,” ungkap dia.

Keluhan nelayan itu langsung ditanggapi Ganjar. Dia bersama Mahfud MD, memiliki komitmen penuh terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan. Yakni dengan program pemutihan kredit macet para nelayan.

Menurut dia, banyak nelayan di berbagai daerah terpaksa harus utang, karena dihantam pandemi covid-19, serta beberapa bencana alam yang terjadi. Akhirnya mereka terpaksa mencari utang.

BACA JUGA: Habib Hasan bin Jafar Assegaf Doakan Ganjar Cita-citanya Terkabul

”Kita pernah hitung, dan tidak terlalu banyak itu. Makanya kita juga dorong, agar mereka bisa bangkit lagi untuk kita hapuskan, dan mereka tentu akan sangat senang,” terang Ganjar.

Capres berambut putih itu juga berkomitmen, untuk mensejahterakan nelayan dengan program-program yang mendukung. Di antaranya sarana prasarana, kemudahan Bahan Bakar Minyak (BBM), serta alat tangkap yang memadai dan ramah lingkungan.

Riyan