blank
Dari atas panggung Hajatan Rakyat, Ganjar Pranowo menyuarakan semangat menegakkan konstitusi dan keadilan. Foto: tmgp

CIREBON (SUARABARU.ID)– Calon Presiden (Capres) RI 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo, membakar semangat puluhan ribu pendukung dan simpatisannya, yang hadir di acara Hajatan Rakyat, yang digelar di Stadion Bima, Cirebon, Sabtu (27/1/2024).

Ganjar menegaskan, para pendukungnya tidak boleh takut jika ada intimidasi, dan harus berani melawan dengan cara yang benar, sesuai konstitusi.

”Menjelang pesta demokrasi, saya ingatkan, hak demokrasi dan hak memilih itu ada pada rakyat. Panjenengan semua punya hak dan kebebasan untuk memilih, siapa yang Anda pilih. Maka kalau ada yang mengintimidasi, jangan pernah takut,” tegas Ganjar dari atas panggung.

BACA JUGA: PKY Jateng Lakukan Pemantauan Persidangan Perkara Pidana Pemilu

Dia meminta warga Jabar, untuk melawan semua praktik intimidasi. Namun dia menegaskan, caranya harus dengan yang benar, dan tak melawan konstitusi.

”Biarkan rakyat menentukan caranya sendiri. Lawan dengan cara yang paling konstitusional dan cara yang benar. Kita yakinkan, seluruh pendukung Ganjar-Mahfud taat aturan,” ucap Ganjar lagi.

Praktik intimidasi, lanjut dia, saat ini sudah terjadi. Mulai kepala desa, kepala daerah dan sejumlah pihak lain yang ditekan dan ditelepon. Ada yang diancam, bahkan ada juga yang sudah ditangkap polisi.

BACA JUGA: Sambut Tahun Ajaran Baru KKMA 02 Jepara Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

blank
Bersama Kaka dan Bimbim dua personel Slank, Ganjar ikut bernyanyi bersama. Foto: tmgp

”Rakyat tidak boleh takut. Tidak boleh ada satupun yang menyalahgunakan kewenangan dan jabatan, untuk menekan rakyat,” tegasnya.

Ganjar menceritakan, ada salah satu pendukungnya, Aiman Wicaksono, diperiksa polisi hanya karena menyampaikan fakta yang dia peroleh, dari kerja jurnalisnya. Ada juga soal pengungkapan ketidaknetralan aparat di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, oleh pendukung Ganjar, yang justru berakhir dengan penangkapan.

”Kami akan bela Aiman, kami akan bela siapapun pendukung Ganjar yang diperlakukan tidak adil. Kami tidak pernah ingkar janji,” tegasnya, disambut tepuk tangan meriah dari puluhan ribu masyarakat Jabar.

BACA JUGA: Pengukuhan Paguyuban Kepala Desa Reksa Praja Bernuansa Budaya

”Lawan! Lawan! Lawan!. Ganjar-Mahfud menang, menang, menang,” teriak mereka kompak.

Ganjar pun menegaskan, kepemimpinan Ganjar-Mahfud ke depan akan memegang teguh konstitusi. Ganjar Mahfud juga akan menjadikan integritas yang paling utama.

”Karena buat kami, jabatan itu bukanlah selamanya. Jabatan itu ada batasnya. Maka siapapun yang memegang jabatan di republik ini, ada batasnya. Jadi ketika mendapat amanah, haram hukumnya menyalahgunakan kekuasaan yang didapat itu,” tandasnya.

Riyan