blank
Mengenakan pakaian adat setempat, Ganjar hadir di Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Jumat (26/1/2024), Foto: tmgp

RUTENG (SUARABARU.ID)- Uskup Mgr Siprianus Hormat beserta tokoh agama di Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (26/1/2024), menerima kunjungan Capres Ganjar Pranowo.

Politikus berambut putih itu, kali ini sedang bersafari ke sejumlah tempat dan bersilaturahmi dengan tokoh agama dan adat setempat. Kehadiran Ganjar itu, langsung mendapat sambutan hangat setibanya di lokasi.

”Kita bersyukur, calon presiden pertama kalinya datang ke Kabupaten Manggarai. Tentu akan terukir indah dalam sejarah Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur,” kata Mgr Siprianus.

BACA JUGA: Ratusan Guru Honorer Kabupaten Tegal Tuntut Penambahan Kuota PPPK

Dia meyakini, Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI 2024, adalah sosok yang mampu mengayomi rakyat dari berbagai lintas generasi. Sehingga bonus demografi dapat dimanfaatkan dengan baik.

”Visi Bapak Ganjar menjadi pilar kuat mencapai Indonesia emas 2045. Indonesia emas bukan hanya sebuah harapan, tapi sebuah komitmen negara yang maju, beradab dan sejahtera,” ungkapnya.

Uskup Mgr Siprianus juga mempercayakan kemajuan sektor pertanian, pariwisata, serta lapangan pekerjaan kepada Ganjar-Mahfud, paslon nomor urut 3 ini.

BACA JUGA: Jumlah Pengaduan ke OJK Tegal Menurun

”Kami berharap, pemimpin bangsa ini bisa memperhatikan sektor pertanian berkelanjutan, tidak hanya meningkatkan kesejahteraan, tapi juga mendukung ketahanan pangan nasional,” lanjutnya.

Lebih jauh, sebagai pimpinan rohani dia juga menekankan pentingnya etika dalam kepemimpinan politik. Sebab, pemimpin yang bermoral dan beretika akan menjadi landasan kokoh dalam pembangunan berkelanjutan.

Dia melihat, sosok Ganjar mempunyai landasan moral dan etika untuk memimpin Indonesia. Dengan begitu, bisa membangun bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA: Polres Brebes Ungkap Kasus Pengoplosan Gas Bersubsidi, 2 Pelaku Diamankan

blank
Kehadiran Ganjar di Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT disambut meriah, di antaranya dengan suguhan tari tradisional daerah setempat. Foto: tmgp

”Saya pimpinan rohani, saya juga ingin menekankan pentingnya etika dalam kepemimpinan politik. Kepemimpinan yang bermoral, dan beretika akan menjadi landasan kokoh, bagi pembangunan berkelanjutan. Semoga Bapak Ganjar bisa menjadi teladan dalam mengutamakan keadilan, kebenaran, dan kasih,” tuturnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyatakan, dirinya menyimak dengan seksama atas pesan yang disampaikan Mgr Siprianus. Bahkan dia merasakan betul getaran yang disampaikan, agar bisa diterapkan nantinya.

”Saya mendengarkan dengan seksama apa yang Uskup Mgr Siprianus sampaikan. Mencoba untuk merenungkan kata per kata, kalimat per kalimat. Rasanya menjadi kontekstual dalam kondisi hari ini. Dan pesan tadi menusuk ke jantung saya,” ucap Ganjar.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Serahkan Bantuan Sekolah dan Keluarga Miskin

Suami Siti Atikoh Supriyanti ini, juga menyampaikan apresiasinya pada Mgr Siprianus, yang telah menerimanya secara terbuka. Banyak pesan yang diberikan pada dirinya, terutama mengenai bangsa dan negara.

”Pesan itu mengingatkan kepada kita, bahwa di atas politik ada moral ada etika. Dan politik yang tidak bermoral, menjadi tidak bermanfaat,” tandasnya.

Riyan