blank
Suwarno (Wakil Ketua Umum I KONI Pusat). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno menyebutkan, bila tidak ada perubahan jadwal, upacara pembukaan PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara, direncanakan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, pada 8 Septeber 2024.

Hal itu seperti yang disampaikannya kepada sejumlah awak media yang menemuinya, usai acara Rakerprov KONI Jawa Tengah, di Hotel Grand Candi, Semarang, Minggu-Senin (21-22/1/2024). Hadir di acara ini Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, Sekretaris Disporapar Jateng, Perwakilan Pengkab/Pengkot dan Cabor.

Menurut Suwarno, keputusan acara pembukaan di Aceh itu, atas permintaan Presiden RI, Joko Widodo. Sedangkan untuk upacara penutupan akan dilakukan di Ibukota Sumut, Medan.

BACA JUGA: Tim Pengabdian FKIP UMK Gelar Pelatihan Keterampilan Mengajar Guru PAUD

blank
Bona Ventura Sulistiana (keempat dari kanan) berfoto bersama Suwarno (kelima dari kanan) dan beberapa tamu undangan lainnya. Foto: riyan

”Sesuai arahan dari Presiden Jokowi, pembukaan PON XXI akan dilakukan di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, 8 September 2024. Saat ini Stadion Harapan Bangsa Bangsa terus bebenah. Untuk upacara penutupan akan dilakukan di Medan 20 September 2024,” kata Suwarno.

Diungkapkan juga, persiapan dua provinsi yang menggelar PON kali ini terus dikebut dengan dukungan penuh KONI Pusat dan pemerintah. Beberapa pembangunan dan renovasi untuk mendukung gelaran empat tahunan ini, juga terus dilakukan.

Menurut Suwarno, persiapan di Aceh dilakukan dengan merenovasi beberapa tempat pertandingan yang akan digunakan. Selain pembangunan infrastruktur, terutama jalan, beberapa gedung baru juga sedang dibangun.

BACA JUGA: Bamsoet: PWRI Miliki Pengaruh Ikut Ciptakan Pemilu Damai

”Sekarang saatnya peserta PON atau masing-masing provinsi menyiapkan atletnya untuk berlaga di Aceh dan Medan. Semua perangkat pertandingan juga sudah disiapkan dengan baik,” tukasnya.

Sementara itu Bona menyampaikan, dalam Rakerprov yang bertema ‘Memantapkan Langkah Menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut’ ini, berharap bisa memastikan langkah kesiapan Provinsi Jateng untuk berprestasi di ajang itu.

”Selain membahas kesiapan Tim Jateng yang akan menuju PON XXI nanti, kami juga akan menentukan tuan rumah penyelenggaraan Porprov pada 2026 mendatang,” tegas Bona.

Riyan