blank
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada anggota PWRI Kebumen di Hotel Mexolie, Sabtu 20/1.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh kepercayaan kepada para pensiunan yang tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) memiliki pengaruh kuat dalam menciptakan pemilu damai.

“Dalam suasana politik yang makin panas menjelang Pemilu 2024, para pensiunan atau PWRI ini mampu mempengaruhi masyarakat untuk menciptakan situasi kondusif di daerah,”ujar Bamsoet usai memberi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada anggota PWRI Kebumen di Hotel Mexolie Kebumen, Sabtu (20/1).

Sosialisasi dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Sekda Edi Ranto, Kepala Kesbangpol Kebumen Widiyatmoko, Kepala Dinas Kominfo Sukamto, serta Ketua PWRI Kebumen Yatmu. Dialog dipandu oleh Saksono.

Hadir pula pada acara tersebut Ketua DPD Partai Golkar Kebumen Halimah Nurhayati, Sekretaris  DPD Lulus Triparyadi serta Wakil Ketua DPRD Kebumen dari Partai Golkar Munawar Cholil.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan sambutan pada Sosialisasi Empat Pilar bagi PWRI di Hotel Mexolie, Sabtu 20/1.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Bupati Kebumen Arf Sugiyanto dalam sambutannya mendukung kegiatan Ketua MPR RI menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Sebab Pancasila, UUD 1945,Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI sangat penting sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

Menurut Bupati, Pancasila menjadi dasar dan pijakan dalam setiap pembuatan peraturan  perundangan.  NKRI merupakan rumah kita yang harus dijaga bersama.”Kita juga hidup di tengah perbedaan, namun tetap bersatu,”ujar Arif Sugiyanto.

Sedangkan Ketua MPR mengingatkan, Indonesia sebagai negara besar semakin diperhitungkan di kancah internasional. Apalagi Indonesia memiliki kekayaan batu bara, nikel dan emas. Tentu saja dibalik kekayaan sumber daya alam tersebut juga ada ancaman dari intervensi asing.

Menurut Bamoset, dengan tetap menjaga kesatuan dan persatuan, Indonesia masih utuh sebagai negara dan bangsa hingga saat ini. Untuk itu pesta demokrasi Pemilu 2024 harus dijaga agar berjalan aman damai serta tidak ada benih perpecahan.

Politisi Partai Golkar tersebut mengajak para pensiunan dan segenap anggota PWRI untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang telah digaungkan oleh para pendiri bangsa sejak 1945.

”Para pensiunan ini masih berpengaruh di masyarakat. Bapak ibu PWRI ini ada yang masih menjadi ketua RT, ketua RW dan tokoh masyarakat sehingga bisa ikut menciptakan situasi aman dan damai di tengah tahun politik ini,”tandas wakil rakyat di DPR RI dari Dapil Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga itu.

Komper Wardopo