PC LDII Prembun, Kebumen, Minggu (21/1) menggelar ngobrol pintar bareng ibuk, di TPQ Al Kamal Alam Plus Desa Sembirkadipaten.(Foto:SB/Humas LDII Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PC LDII ) Kecamatan Prembun, Kebumen, Minggu (21/1) bertempat di kompleks TPQ Al Hamka Alam Plus, Sembirkadipaten RT II/ RW 02, menggelar ngobrol pintar bareng ibuk (Ngopi Tubruk)

Kegiatan “Ngopi Tubruk” tersebut diikuti para alumnus TPQ Al Hamka Alam Plus, mulai dari usia anak kelas III Sekolah Dasar sampai usia nikah, berjumlah sekitar 25 peserta.

Materi “Ngopi Tubruk” yang pokok adalah pengenalan bumbu dapur sekaligus praktik memasak dan kesehatan reproduksi (kespro) serta toharoh atau kesucian.

PC LDII Prembun Kebumen mengadakan sosialisasi memasak, kesehatan reproduksi dan hidup sehat, Minggu 21/1.(Foto:SB/Humas LDII Kbm)

Pengasuh TPQ Al Hamka Alam Plus Hj Salimah Shalihah menjelaskan, remaja putri siap nikah harus siap memasak, mengenal bumbu-bumbu, serta memahami kegunaan bumbu dapur.

Menurut Salimah, Indonesia sangat kaya bumbu dan rempah. Ada laos, cabe, kunir merica, daun salam , bawang, belimbing wulung, dan masih banyak lainnya.”Masaklah dengan sayur dan bumbu alami yang tumbuh di sekitar kita,”tandasnya.

Sumiyati SPd selaku narasumber menjelaskan bahwa edukasi kespro itu dilakukan pada jalur formal maupun nonformal. Kegiatan yang berlangsung di TPQ Al Hamka Alam Plus tersebut termasuk usaha mengedukasi generasi muda di luar sekolah untuk menunjang perilaku hidup sehat dan hidup bersih.

“Kespro penting untuk mencegah dan melindungi remaja dari perilaku seksual berisiko dan perilaku berisiko lainnya yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi dan mempersiapkan remaja untuk menjalani kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggung jawab,”tandas guru BK SMPN 1 Prembun itu.

Sedangkan toharoh atau kesucian juga berpengaruh terhadap kebersihan dan kesucian saat salat. Setiap menunaikan ibadah badan harus bersih dan hati pun mesti bersih.

Secara terpisah Ketua Dewan Penasihat DPD LDII Kebumen KH Drs Gus Septadi menyatakan, program pengenalan bumbu, kespro serta toharoh merupakan agenda penting dan dilaksanakan pada tiap kecamatan.

Sedangkan rentang waktu bulan Januari-Februari, diatur oleh masing masing PC LDII. Gus Septadi juga berpesan agar remaja putri pintar memasak, kespronya baik serta mengetahui praktek bersuci.

Kegiatan “Ngopi Tubruk” di PC LDII Prembun diakhiri makan siang Menunya sayur lodeh, tempe mendoan, tahu bacem bersambal. Peserta pulang setelah menunaikan Salat Duhur berjamaah.

Komper Wardopo