blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANAG (SUARABARU.ID)- Microsoft office merupakan aplikasi perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah, menyimpan, dan mengombinasikan data berbentuk dokumen. Beberapa data yang dapat diolah yakni, data digital berupa huruf, gambar dan angka.

Salah satunya yaitu, Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya.

Microsoft Word mempunyai beberapa manfaat, antara lain mempermudah proses surat menyurat dan pembuatan dokumen. Meminimalisir kesalahan penulisan karena memiliki fitur auto correct dan cek ejaan dan grammar. Memiliki template yang dapat digunakan untuk membuat dokumen sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Ini 27 Kombinasi Shortcut Microsoft Word Yang Dapat Membantu Pekerjaanmu Cepat Selesai

Saking banyaknya alat di Microsoft Word, terkadang kita jadi tak tahu secara detail apa aja fungsi dari alat-alat itu.

Padahal jika ingin memanfaatkannya, pekerjaan kita bisa lebih mudah. Terutama untuk kaum deadliner, pasti membutuhkan banyak hacks yang dapat membuat pekerjaan cepat selesai. Dilansir dari Suara.com, berikut adalah beberapa tips dan trik Microsoft Word yang bisa kamu terapkan.

1. Hapus Teks Perkata

Kalau kamu masih hapus teks seperti biasa alias perhuruf, kayaknya perlu coba tips satu ini biar lebih cepat deh. Caranya klik CTRL+delete, dengan ini kamu bisa hapus teks langsung perkata, lebih cepat kan?

Baca Juga: Microsoft Anggap Penting Transformasi Pendidikan

2. Blok Kalimat/Paragraf

Cara blok kalimat paling cepat adalah dengan klik CTRL di awal kalimat, pakai cara ini kamu bisa lebih cepat blok satu kalimat tanpa menarik mouse. Sedangkan untuk paragraf, caranya tinggal klik kanan 3x di awal paragraf.

3. Capslock

Untuk mengganti tulisan dari font kecil ke besar atau sebaliknya, biasanya kita pakai tombol tools di atas, tapi ada cara yang lebih cepat yakni klik shift+F3.

4. Pindahkan Dokumen Fisik ke Microsoft Word

Ada kalanya kita butuh memindahkan dokumen fisik jadi file, biar enggak capek ngetik satu-satu, cara mudahnya adalah dengan memfoto dokumen fisiknya dengan rapi, kemudian buka aplikasi Microsoft Lens.

Jadikan foto dokumen tadi ke dalam bentuk Word, lalu buka fail di laptop, dan dokumen Word-nya pun sudah siap digunakan. Bisa di edit dan di hapus lagi, lho.

Baca Juga: Menjadi OS Paling Populer, Ini Lima Kegunaan Tombol Windows yang Jarang Diketahui

5. Pindah Halaman

Biar kamu enggak pegal scrolling, ada cara cepat biar bisa pindah-pindah halaman dengan cepat. Caranya klik Shift+F5, pakai cara ini kamu bisa pindah ke halaman paling aktif di file itu.

6. Hapus Format Penulisan

Biasanya kalau kita copy paste tulisan dari internet, ada format penulisan yang macam-macam. Nah, biar enggak benerin satu-satu, klik CTRL+spasi.

7. Pindah Tulisan ke Halaman Baru

Masih pindah ke halaman baru pakai enter berkali-kali? Sekarang ada cara yang lebih cepat lho, kamu tinggal klik CTRL+enter saja, otomatis kamu bisa pindah ke halaman berikutnya.

8. Buat PDF Tanpa Convert

Bikin dokumen pakai Word tapi mau simpan dengan format PDF? Gampang banget, tinggal klik file, save as, ganti format file dari docx. ke PDF di bagian bawah.

Itu tadi beberapa tips dan trik Microsoft Word yang bisa kamu terapkan supaya tugas dan kerjaanmu selesai lebih cepat, selamat mencoba!

Claudia