blank
Rektor UKSW, Intiyas mengikuti Pembukaan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia. Foto: Dok/UKSW

SURABAYA (SUARABARU.ID) – Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., mengikuti Pembukaan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia yang berlangsung di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Senin (15/1/2024).

Presiden RI, Ir. Joko Widodo membuka secara langsung acara tersebut, ditandai dengan pemukulan gong. Turut hadir dalam acara ini adalah Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc., Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, S.E.

Peran strategis perguruan tinggi

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyebut perguruan tinggi mempunyai peran yang strategis untuk menciptakan SDM (sumber daya manusia-red) yang berkualitas, SDM yang kuat fisik, mental dan moralnya, serta inovatif. Di sisi lain, perguruan tinggi juga mempunyai tugas sebagai lembaga riset dan melakukan inovasi untuk memecahkan persoalan di bangsa ini.

Jokowi juga mengajak para rektor dan perguruan tinggi untuk menguatkan kolaborasi dan bersinergi untuk menghasilkan solusi-solusi bagi kemajuan bangsa.

Dalam acara ini, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, S.E., menyampaikan paparannya tentang arah kebijakan negara dalam konteks investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan. Turut hadir pula Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU., Asean Eng.