blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ada qoute menarik yang disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto kepada pegawainya.

“Jadilah intan yang selalu dicari dan dibutuhkan, karena akan menyelesaikan beberapa permasalahan. Intan bisa sangat berguna dalam kehidupan ini. Bisa meneduhkan, bisa menutup (kekurangan) finansial, bisa sebagai alat barter dan lainnya,” kata Tejo saat memberikan pengarahan di halaman Kanwil setempat, Senin (15/1/2024).

“Selain itu, intan dihasilkan dari proses suhu dan tekanan yang tinggi. Ketika intan sanggup bertahan dari suhu dan tekanan yang tinggi, intan akan menjadi benda yang sangat berkilau, keras, kokoh dan sangat mahal harganya,” tambahnya.

Dari filosofi itu, Kakanwil mengajak jajarannya untuk bertransformasi layaknya sebuah intan, yang bisa ditempatkan dimana saja, berfungsi sebagai apa saja dan sangat berharga bagi kehidupan.

“Intan ditempatkan di mana saja itu pasti sangat berguna. Jadilah intan dalam sebuah organisasi yang selalu bercahaya. Bantulah lingkungan yang gelap menjadi terang,” kata Tejo.

Kakanwil mengimbau jajarannya untuk tidak bersifat ibaratnya sebuah batu biasa. “Jangan jadi batu, karena batu mudah dicari, banyak dan cenderung tidak bernilai. Bahkan terkadang membuat masalah bagi kita. Batu ditempatkan di mana saja kadang-kadang tidak berharga, karena ada batu lain yang menggantikan fungsinya. Terlalu jamak, tanpa keistimewaan,” sambungnya.