blank
Singkong setelah dikupas. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang populer di berbagai negara, terutama di wilayah tropis. Singkong enak diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Bagaimana cara merebus singkong agar cepat empuk dan matang? Kunci hidangan singkong agar terasa enak adalah jika teksturnya empuk dan lezat. Lantas, bagaimana cara merebus singkong agar hasilnya enak, cepat empuk dan matang?

Dilansir dari Suara.com, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti, simak yuk!

1. Pilih singkong yang tepat

Langkah pertama dalam merebus singkong adalah memilih singkong yang baik. Pilih singkong yang masih segar dan keras.

Hindari singkong yang sudah berkecambah atau terlalu lunak. Ini karena singkong tersebut mungkin tidak akan menghasilkan tekstur yang empuk setelah direbus.

2. Kupas dan potong singkong

Setelah memilih singkong yang baik, langkah selanjutnya adalah mengupas dan memotongnya. Kupas kulit singkong menggunakan pisau atau pengupas dan bersihkan dengan air.

Setelah itu, potong singkong menjadi potongan-potongan yang seukuran atau sesuai dengan keinginan. Usahakan agar ukuran potongan singkong seragam, untuk memastikan bahwa semuanya matang dengan merata.

3. Rendam singkong dalam air

Sebelum direbus, rendam potongan singkong dalam air selama sekitar 30 menit hingga 1 jam. Hal ini akan membantu menghilangkan sebagian pati yang ada pada singkong dan membantu mempersingkat waktu perebusan.