blank
Petugas dari kepolisian, melakukan penanganan di lokasi pati obong. Yakni di halaman rumah Guru MS di Desa Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Korban pati obong (meninggal dengan cara bakar diri), dilakukan oleh seorang guru berinisial MS (44). Nyawa pria kelahiran Wonogiri 19 Juli 1979 tersebut, gagal diselamatkan dan meninggal dengan luka bakar parah di sekujur tubuhnya.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, Jumat (12/1), menyatakan, kejadiannya berlangsung Kamis siang (11/1). Korban, dikenal seagai warga Desa Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri.

Semasa hidupnya, MS bekerja sebagai guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah sebuah sekolah di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Pemicu dia bunuh diri dengan cara pati obong tersebut, masih dalam penyelidikan petuga.

Diduga, MS mengalami putus asa atas derita sakit komplikasi yang tak kunjung sembuh, meski telah diobatkan ke mana-mana. Hal tersebut, kemudian memicu korban mengakhiri hidupnya dengan cara membakar diri.

Media bakar dirinya memakai kasur yang disiram dengan bahan bakar jenis Pertamax. Lokasinya di halaman depan rumahnya. Begitu kasur yang disiram Pertamax menyala, yang bersangkutan kemudian menghamburkan dirinya ke api pembakaran kasur yang berkobar.

Bunuh diri dengan cara pati obong ini, diketahui secara tak sengaja oleh Saksi Sutrisno, yang saat itu berada di saluran air berjarak sekitar 50 Meter (M) dari rumah korban. Kepada petugas, Sutrisno, menyatakan saat itu mendengar suara letupan dan melihat ada asap yang muncul dari halaman rumah korban.

Selanjutnya, Sutrisno memberitahukan hal tersebut kepada Saksi Dwi Purwito, untuk bersama-sama mendekat guna memberikan pertolongan. Bersama para tetangga, kemudian dilakukan pemadaman api dan menolong korban untuk dilarikan ke RSUD Wonogiri.

Tapi pertolongan yang diberikan oleh petugas medis rumah sakit, gagal menyelamatkan nyawanya, karena luka bakar yang dialami korban begitu parah. Setelah menjalani pemeriksaan, jenazah korban kemudian diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.
Bambang Pur