blank
Mentimun (timun) rebus. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tahukah kamu, timun rebus ternyata memiliki banyak manfaat. Timun (mentimun) banyak manfaatnya, karena kandungan vitamin dan mineralnya.

Timun mempunyai khasiat diantaranya menjaga tubuh tetap terhidrasi, menyediakan antioksidan, hingga membantu menurunkan berat badan. Mentimun merupakan buah bergizi dengan kandungan tinggi air. Mengkonsumsi makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu cara mengolah mentimun adalah dengan merebusnya. Timun rebus merupakan hidangan yang melibatkan proses perebusan timun dan sedikit garam sampai bertekstur lembut.

Melansir dari Halodoc, ada berbagai kandungan nutrisi dan manfaat timun rebus untuk kesehatan. Mentimun mengandung rendah kalori tetapi memiliki banyak vitamin dan mineral penting. Dalam satu mentimun sebanyak 300 gram yang belum dikupas memiliki beberapa kandungan.

Mentimun juga memiliki kandungan tinggi air. Jumlahnya sekitar 96% dari total buah keseluruhan. Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, kamu sebaiknya memakan mentimun tanpa dikupas. Mengupasnya justru akan mengurangi jumlah serat, vitamin, dan mineral tertentu.

Berbagai manfaat timun rebus untuk kesehatan

Timun rebus memiliki rasa yang lembut dan agak gurih karena tambahan garam dalam proses pemasakan. Rasanya masih seperti timun, tetapi dengan tekstur yang lebih lembut ketimbang timun mentah.

Mengkonsumsi timun rebus dengan berbagai kandungan baik di atas memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Mengandung tinggi antioksidan
Timun rebus mengandung antioksidan, yaitu molekul yang berfungsi untuk menghambat atau mencegah oksidasi, suatu reaksi kimia yang membentuk radikal bebas.