blank
Mentimun (timun) rebus. Foto: Dok/Halodoc

4. Menurunkan tekanan darah
Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah banyaknya asupan garam (natrium) dan terlalu sedikit potasium. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Timun rebus merupakan sumber potasium yang efektif membantu menurunkan tekanan darah. Asupan tersebut bekerja dengan cara mengimbangi efek natrium dalam tubuh.

5. Mencegah masalah pencernaan
Dehidrasi adalah pemicu utama sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan mempersulit buang air besar. Dengan mengkonsumsi timun rebus, makanan ini dapat membantu mendorong pergerakan usus.

Alasannya karena mentimun mengandung banyak air dan mampu meningkatkan hidrasi. Langkah ini dapat meningkatkan konsistensi tinja, mencegah sembelit, dan membantu menjaga keteraturan BAB.

6. Mendukung kesehatan kulit
Manfaat timun rebus ini lagi-lagi berasal dari kandungan tinggi air di dalamnya. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, timun rebus juga kaya akan asam pantotenat atau vitamin B5 yang mampu mengobati jerawat. Dalam satu cangkir irisan mentimun mengandung 5% kebutuhan vitamin B5 harian.

7. Mencegah perkembangan sel kanker
Studi ilmiah berjudul Abstract 612: Fisetin, a dietary flavonoid and novel mTOR inhibitor for treatment and prevention of prostate cancer, yang terbit pada American Association for Cancer Research, menemukan bahwa mentimun dapat membantu melawan kanker.

Selain antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan. Semua nutrisi tersebut yang berperan dalam melindungi diri dari sel-sel kanker.

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini. Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi timun rebus. Semoga bermanfaat ya!

Ning S