Ilustrasi tenggorokan gatal dan batuk. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu mengalami tenggorokan gatal dan batuk? Tenggorokan gatal dan batuk bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu kondisi medis tertentu.

Supaya tidak berlarut-larut, perlu dilakukan cara ampuh untuk meredakan tenggorokan yang terasa gatal dan batuk.

Melansir dari Alodokter, tenggorokan gatal dan batuk merupakan reaksi alami tubuh ketika terinfeksi, maupun terpapar zat-zat tertentu yang mengiritasi atau memicu reaksi alergi. Beberapa kondisi yang menyebabkan keluhan ini antara lain flu maupun rhinitis alergi.

Beberapa keluhan, seperti hidung tersumbat, mata merah dan berair, hidung gatal dan bersin, sakit kepala, lemas, serta tidak enak badan, juga dapat dikeluhkan oleh penderitanya.

Meski tak berbahaya, tenggorokan gatal dan batuk bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Untuk meredakan tenggorokan gatal dan batuk, ada berbagai cara ampuh yang bisa kamu lakukan!

1. Minum air hangat
Saat mengalami tenggorokan gatal dan batuk, minum air hangat bisa kamu lakukan untuk meredakannya. Tenggorokan yang kering adalah salah satu kondisi yang menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk. Minum air hangat akan membantu melembapkan tenggorokan yang kering, sehingga rasa gatal dan batuk berkurang.

2. Minum wedang jahe
Jahe merupakan tanaman herbal yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Mengonsumsi jahe dapat memecah dahak yang menumpuk, sehingga tenggorokan gatal dan batuk mereda.