Petani lereng Gunung Sumbing deklarasi dukung Prabowo-Gibran, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Petani kentang dan kubis Dusun Krandegan, Desa Sukomakmur, Kajoran, Kabupaten Magelang, deklarasi memberi dukungan bagi Capres-Cawapres Prabowo – Gibran, hari ini (Rabu, 10/1/24). Warga di wilayah pegunungan dengan 400 keluarga atau sekitar 1.500 jiwa itu rela libur kerja demi untuk melakukan deklarasi.

Relawan Prabowo Peduli Petani, Yudi, memimpin deklarasi di desa berhawa dingin itu. Peserta dengan mengacungkan dua jari tangan ke atas sembari mengucap kalimat: “Kami, petani lereng Gunung Sumbing siap mendukung penuh Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024. Prabowo-Gibran menang satu putaran”.

Sementara itu relawan Nanik Sudaryati Deyang, dalam pidato politiknya mengatakan, jika Prabowo-Gibran menang, pupuk akan didrop ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) secara langsung . Jadi tidak melalui distributor, kios-kios, tidak usah pakai kartu tani. “Kepala desa mengetahui luas lahan pertaniannya yang akan membagi langsung. Ini akan menjadi program utama,” katanya.

Ditambahkan, Prabowo Subianto memiliki hubungan baik di kancah internasional. Akan berupaya menyejahterakan petani. “Bagaimana pupuk seperti zaman Pak Harto lagi, murah dan gampang didapat,” ujarnya.

Dengan pidatonya yang berapi-api dia bertanya kepada petani yang hadir. “Anda mencari pupuk Urea sampai nangis to sekarang,” tanya dia.

Itu lantaran pupuk dari pabrik ke distributor. Dari distributor ke kios-kios. “Di kios-kios yang main ada beberapa oknum. Akhirnya tidak sampai ke panjenengan karena dijual,” katanya.

Hingga akhirnya, kata dia, petani membeli Rp 250 ribu saja mau. Padahal sebenarnya disubsidi, yang harganya hanya Rp 120 ribu/kg.

“Nantinya kalau Pak Prabowo menang akan memutus mata rantai yang panjang. Jadi tidak melibatkan swasta. Ini masuk dalam program Pak Prabowo,” tandasnya.

Ditambahkan, Prabowo sudah membangun sekolah di desa itu. Kemudian memberi bantuan berupa alat sekolah. Baik untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Krandegan maupun Desa Marongan.
“Dari uang pribadinya, Pak Prabowo sudah banyak membantu warga di lereng Sumbing,” tuturnya.

Disebutkan pula, deklarasi di tempat itu atas permintaan warga setempat. Karena Prabowo sudah dikenal warga setempat sejak sebelum mencalonkan diri sebagai Calon Presiden. Hari ini warga diberi kaos dan caping (topi). ” Ini bukan direkayasa karena Pak Prabowo sudah membantu petani di sini,” katanya.

Ketua Karang Taruna setempat, Bahril, menuturkan, warga setempat yang mayoritas petani memang sepakat melakukan deklarasi untuk kemenangan Prabowo-Gibran. Karena Prabowo sudah pernah membantu membangun sebuah Madrasah Tsanawiyah (Mts) tiga lantai. Menurut dia, figur Prabowo di mata warga setempat sangat luar biasa. “Beliau orang baik dan tulus memikirkan petani di wilayah lereng Gunung Sumbing,” katanya.

Mantan Kepala Desa Sukomakmur yang sekarang menjabat kepala Mts setempat, Wahyudin, dalam acara itu berharap semoga doa warga lereng Sumbing dikabulkan Allah. Doa petani, kata dia, biasanya lebih manjur karena kangelane tenanan (banyak kesulitan). Direngawi njungkir njempalik awan bengi (giat bekerja siang malam).

Eko Priyono