blank
Ilustrasi lavender. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pada saat musim hujan turun, nyamuk cenderung mencari tempat yang teduh terutama di bagian dalam rumah. Selain itu, nyamuk juga akan selalu mencari cara untuk dapat berada dekat dengan sumber makanan mereka yakni darah manusia.

Banyaknya nyamuk saat musim hujan ini dipengaruhi sejumlah faktor seperti meningkatnya jumlah tempat berkembang biak, cuaca yang lebih hangat serta aktivitas nyamuk yang meningkat. Nyamuk sendiri merupakan hewan yang menyebarkan berbagai jenis infeksi ke manusia melalui gigitan mereka.

Nyamuk sendiri merupakan jenis serangga yang bisa membawa penyakit berbahaya, salah satunya malaria atau virus Dengue penyebab demah berdarah dengue (DBD). Banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk mengusir nyamuk, biasanya dengan menyemprotkan cairan kimia anti-nyamuk di seluruh penjuru rumah.

Baca Juga: Tiga Tips Mengatasi Rasa Gatal saat Terkena Ulat Bulu

Selain bisa mempercantik suasana rumah, terdapat sejumlah jenis bunga yang disebut ampuh untuk mengusir nyamuk.

Namun, ada beberapa cara lebih mudah yang bisa mengusir nyamuk, lho. Yakni dengan menanam tanaman bunga tertentu yang diyakini mampu membuat nyamuk pergi. Dilansir dari Suara.com penasaran apa saja? Intip ulasannya di bawah!

1. Lavender

Bunga lavender sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling ampuh bikun nyamuk minggat.

Aroma minyak esensial yang terdapat di bunga lavender diyakini sangat dibenci serangga, termasuk nyamuk. Bahkan, beberapa sumber juga menyebut bahwa minyak lavender dapat menghambat kemampuan penciuman nyamuk.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Kantong Jebol, Ini 4 Tips Liburan Murah Aman dan Nyaman

“Lavender adalah tanaman yang tumbuh subur di musim panas yang kering,” kata Linda Vater, pakar tanaman di Southern Living Plant Collection. “Aromanya luar biasa di taman dan mengusir nyamuk, sementara bunga ungu menarik penyerbuk.”

2. Marigold

Marigold biasa ditanam di taman sebagai cara untuk mencegah serangga dan hama lainnya. Varietas Perancis, seperti marigold Perancis Campuran Durango, adalah jenis yang paling efektif dalam mengusir nyamuk.

Marigold juga dipercaya dalam mencegah lalat putih, kutu daun, kumbang kacang, cacing tanduk tomat, hingga serangga squash. Anda bisa menanamnya di dalam pot dan diletakkan dekat teras rumah.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Tiga Tips Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

3. Catnip

Nyamuk membenci tanaman catnip. Tanaman yang juga dikenal sebagai catmint ini merupakan tanaman herba abadi yang bisa mengeluarkan bahan kimia yang berfungsi sebagai pengusir serangga alami.

Keunggulan tanaman ini turut diakui oleh sebuah penelitian di Iowa State University yang menyebut bahwa catnip memiliki kekuatan sepuluh kali lebih efektif dibanding bahan kimia yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk.

4. Rosemary

Menurut laman Martha Stewart, aroma rosemary yang harum memiliki sejumlah fungsi ganda, yakni menyambut penyerbuk yang tidak disukai nyamuk.

Jika Anda mencari varietas tertentu untuk ditanam, Chef’s Choice Culinary Rosemary memiliki kandungan minyak esensial yang lebih tinggi dibandingkan varietas rosemary lainnya dan lebih efektif dalam mengusir nyamuk.

Itu tadi 4 jenis tanaman bunga yang bisa menghempas nyamuk dengan cepat. Jangan lupa dicoba, ya!

Claudia