blank
ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Minum kopi mungkin menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, namun pada sejumlah kasus minum kopi ini bisa menyebabkan jantung berdebar.

Hal ini, dikarenakan setiap orang mempunyai toleransi terhadap kafein yang berbeda-beda. Sejatinya penyebab jantung berdebar ini adalah karena kandungan kafein yang ada pada kopi. Kafein merupakan stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan juga detak jantung.

Pasalnya, saat minum kopi kafein akan diserap pada aliran darah dan mencapai jantung, lalu kafein akan merangsang produksi hormon adrenalin yang mana bisa meningkatkan detak jantung. Hormon adrenalin ini dapat memicu konstruksi pada pembuluh darah yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: Meningkatkan Mood dan Konsentrasi, Ini Tiga Manfaat dari Mengonsumsi Kopi Hijau

Dilansir dari Suara.com akan tetapi, tidak semua orang mempunyai respons yang sama terhadap kafein dan beberapa orang lebih sensitif terhadap efek stimulan kafein yang bisa menyebabkan jantung berdebar.

Untuk jumlah kopi yang dikonsumsi mungkin tidak berpengaruh, tetapi biasanya jantung berdebar saat minum kopi tidak berbahaya atau bersifat sementara jika mereka dalam keadaan sehat.

Seperti dirangkum dari siloamhospitals, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi.

Baca Juga: Tips Menyeduh Kopi

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Pada saat mengalami jantung berdebar, coba untuk memperbanyak minum air putih karena bisa menetralisir stimulan kafein yang menjadi pemicu jantung berdebar. Kemudian, kafein mempunyai efek diuretik ringan yang bisa meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi.

Pada saat tubuh mengalami kekurangan cairan, jantung bisa menjadi lebih sensitif terhadap efek stimulan kafein, tetapi dengan banyak minum air putih maka cairan tubuh lebih seimbang dan mengurangi risiko jantung berdebar.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Agar jantung tidak berdebar setelah minum kopi, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi magnesium. Zat magnesium sendiri baik untuk kesehatan jantung dan bisa mengatur irama jantung atau mengurangi palpitasi.

Baca Juga: Kopi Bisa Membuat Kulit Glowing, Nggak Percaya?

Sumber makanan yang kaya akan magnesium diantaranya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, lalu kacang-kacangan semisal almond, kacang Brazil, biji-bijian dan biji chia serta buah pisang.

3. Melakukan Olahraga Ringan

Dengan melakukan olahraga ringan setelah minum kopi hal ini bisa meningkatkan aliran darah, membuat jantung kuat dan mengurangi gejala jantung berdebar.

Adapun olahraga dengan kardio ringan yang bisa dilakukan adalah seperti berjalan santai atau bersepeda yang menjadi pilihan jika mengalami jantung berdebar.

Demikianlah tadi beberapa cara mengatasi jantung berdebar setelah meminum kopi. Semoga bermanfaat.

Claudia