blank
Warga memangkas pohon yang miring akibat terkena hujan angin. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Hujan deras disertai angin kencang melanda Dusun Sempon, Desa Keji, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Senin (25/12/2023) sore. Peristiwa itu mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan menutup jalan.

Kapolresta Kombes Mustofa, melalui Kapolsek Muntilan AKP Abdul Muthohir menjelaskan bahwa hujan deras disertai angin kencang dengan durasi sekitar 30 menit terjadi di wilayah Kecamatan Muntilan pada Senin (25/12/2023) sore. Dampak peristiwa itu, pohon tumbang di beberapa titik dan menutup akses jalan di sekitar lokasi. Beberapa rumah juga mengalami pemadaman listrik akibat kejadian itu.

Kapolsek menambahkan, dengan adanya kejadian tersebut berbagai instansi tingkat Kabupaten Magelang turut terlibat memberikan pertolongan. Antara lain dari BPBD, FPRB Muntilan, PMI, Damkar, PLN, TRC BPBD Kabupaten Magelang, Polsek dan Koramil Muntilan, serta warga setempat.

Sedikitnya di Dusun Sempon ada 10 rumah terdampak bencana alam tersebut. Antara lain, rumah milik Fathoni tertimpa pohon mangga. Mengakibatkan bagian garasi rumah mengalami rusak ringan.

Beberapa saat setelah kejadian, petugas instansi terkait bersama relawan dan masyarakat mendatangi lokasi kejadian. Kemudian bersama-sama melakukan kerja bakti menyingkirkan puing-puing, dan pemotongan pohon yang tumbang.

Selasa (26/12) ini, imbuhnya, juga dilanjutkan kerja bakti bersama warga setempat dan dari berbagai instansi.

Dia berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. Masyarakat diminta tetap waspada dan mengantisipasi segala sesuatu terkait musim hujan tiba.

Kerugian materiil atas musibah tersebut belum dihitung. Tidak ada korban jiwa maupun warga yang terluka.

Eko Priyono