blank
Foto bersama Pengawas dan Keluarga LP Ma'arif NU Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Komitmen LP Ma’arif NU Jepara untuk mengawal mutu pendidikan terus dilakukan. Berbagai program pengembangan baik untuk lembaga madrasah, Kepala Madrasah, guru, bahkan pengurus yayasan telah dilaksanakan. Kali ini LP Ma’arif NU Jepara menggelar kegiatan capacity building di Facade Hotel Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah.

Kegiatan yang diinisiasi oleh LP Ma’arif NU Jepara diikuti oleh Pengurus LP Ma’arif, Pengawas Madrasah, Pengurus KKMI 02, Pengurus KKMTs 02, Pengurus KKMA 02. Tampak hadir Ketua LP Ma’arif Jepara, Mualimin beserta jajarannya, Ketua Pokjawas, H. Moh. Sholeh beserta jajarannya, Ketua KKMI 02, H. Ahmad Mulhadi beserta jajarannya, Ketua KKMTs 02, Mualimin beserta jajarannya, Ketua KKMA H. Nur Khandir beserta jajarannya.

Mualimin, Ketua LP Ma’arif NU Jepara mengatakan bahwa kegiatan Capacity Building yang digelar adalah dalam rangka sambung rasa dan membangun komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jepara.

blank
Ketua Pokjawas, H. Moh. Sholeh sampaikan sambutan

” Sambung roso antara Pengawas Madrasah, pengurus KKMI 02, KKMTs 02, dan KKMA 02 akan menumbuhkan kemaslahatan. Menyatukan visi persepsi, dan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berkat soliditas dan sinergitas, dan berjamaah madrasah swasta yang kecil pun dapat eksis dan dapat berkembang. LP Ma’arif punya tugas dari PCNU untuk mengawal dan menanamkan Aswaja An Nahdliyah di madrasah naungannya.” Tutur Mualimin yang juga Ketua KKMTs 02 Jepara

Oleh karena itu, lanjut Mualimin, LP Ma’arif menggandeng Pengawas Madrasah di bawah Kemenag menjadi Pengawas Penggerak untuk mendampingi madrasah naungan LP. Ma’arif NU Jepara.

Ketua Pokjawas, H. Moh. Sholeh menyambut positif harapan LP Ma’arif Jepara untuk membangun komitmen bersama meningkatkan kompetensi dan mutu pendidikan.

” Pengawas madrasah siap mendampingi madrasah, kepala madrasah, dan guru untuk mencetak prestasi. Sebagai pengawas penggerak kami akan membuat grand design pendidikan di Jepara sebagai langkah untuk pengembangan pendidikan,”Papar H. Moh Sholeh.

blank
Peserta Capacity Building LP Ma’arif NU Jepara

Kegiatan Capacity Building LP Ma’arif NU Jepara juga dijadikan wahana komunikasi, evaluasi, dan konsolidasi antar-KKM di bawah naungan LP Ma’arif sekaligus wahana ” ngudoroso” terhadap pengawas madrasah untuk mengurai problematika yang berkembang di madrasah dalam peningkatan mutu. Dipandu Sekretaris LP Ma’arif Jepara, Achmad Shokib, masing-masing perwakilan pengurus menyampaikan aspirasi dan masukannya guna membangun soliditas dan sinergitas antarkomponen Ma’arif dan Kemenag Jepara.

H. Nur Khandir, Ketua KKMA 02 sangat mendukung kebijakan LP Ma’arif dan berharap pengawas penggerak menjadi salah satu motor penggerak kemajuan pendidikan di Jepara. Secara khusus H. Nur Khandir berharap agar equality kebijakan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan Kemenag antara swasta dan madrasah negeri selalu dijaga. Hal sama disampaikan oleh H. Mulhadi, Ketua KKMI 02 Jepara yang berharap agar para pengawas menjadi orang tua yang siap membimbing, mendampingi pengembangan madrasah.

blank
Ketua LP Ma’arif Jepara sampaikan sambutan

Merespon berbagai masukan dan harapan, Samudi, salah satu pengawas mengajak semua madrasah yang dikelola LP Ma’arif terus melakukan penjaminan mutu, baik internal maupun eksternal.

” Madrasah punya peran strategis sebagai penjamin mutu internal, sedangkan pengawas sebagai penjamin mutu eksternal menjadi motivator dan dinamisator. Oleh karena itu, agar harapan pengembangan madrasah dapat terwujud maka LP Ma’arif, pengawas, dan madrasah sama-sama bergerak,” tegasnya.

Hadepe – Sub