blank
Ganjar saat memberikan keterangan persnya kepada sejumlah awak media yang menemuinya. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Ganjar Pranowo yang juga menjadi Calon Presiden (Capres) RI 2024, menyoroti etika Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), yang melakukan makan bersama dengan salah satu capres, dan ketua umum partai politik (parpol) pendukungnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melakukan makan malam bersama Capres 02 Prabowo Subianto, pada Jumat (5/1/2024) malam. Kemudian Sabtu (6/1/2024) pagi, Jokowi sarapan bersama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Istana Bogor.

”Memang kita punya problem etika,” kata Ganjar, seperti dikutip dari sindonews.com, seusai menghadiri deklarasi dukungan FBR dan Ikama, di BKT Cakung, Cilincing, Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (6/1/2024).

BACA JUGA: Latihan Perdana PSIS Dimulai, Eko Purjianto dan Alex Aldha Yudi Gabung Timnas U20

Terkait netralitas Kepala Negara, Ganjar menyebut, pihaknya lebih khawatir dengan adanya penyalahgunaan kewenangan, dalam memenangkan pasangan capres-cawapres tertentu.

”Kekhawatiran kita adalah, ketika semua menyalahgunakan, ketika penyalahgunaan kewenangan itu terjadi, maka pada saat itu berbahaya. Maka kontrolnya mesti bagus. Bawaslu engga boleh takut ya. Tapi kita sendiri kayak saya. Pak Mahfud selalu mengingatkan pendukung kita. Baik dari partai maupun relawan, agar semua juga taat hukum, taat aturan,,” kata Ganjar.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, membenarkan kegiatan makan bersama antara Presiden Jokowi dengan Prabowo.

BACA JUGA: Sensasi-sensasi Kecil di Piala Asia, dan “Tradisi Diremehkan”

”Malam ini, Presiden rileks sejenak mencoba masakan Nusantara di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng. Saat makan malam, Presiden didampingi Menhan Prabowo Subianto,” kata Ari saat dikonfirmasi, Jumat (5/1/2024).

Presiden Jokowi juga melakukan makan pagi bersama dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Istana Kepresidenan Bogor. Momen sarapan keduanya dibagikan akun Instagram Partai Golkar. Jokowi terlihat mengenakan kaos panjang berwarna putih, sedangkan Airlangga mengenakan kaos berwarna kuning.

”Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto beserta tokoh muda under forty partai Golkar, berolahraga pagi sambil sarapan di lingkungan Istana Bogor, ditemani cuaca super cerah, Sabtu 6 Januari 2024,” bunyi keterangan pada foto yang dibagikan akun Instagram Partai Golkar itu.

Riyan