Ganjar berada di tengah-tengah petani Kabupaten Demak, yang datang untuk mendukungnya. Foto: tmgp

DEMAK (SUARABARU.ID)– Sekitar 1.000 lebih petani di Kabupaten Demak, antusias menyambut kedatangan Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, di Desa Wilalung, Kecamatan Gajah, Kabupate Demak, Selasa (2/1/2024). Dalam pertemuan itu, Capres nomor urut 3 ini berkomitmen, akan menambah kuota pupuk khusus petani, guna mengatasi kelangkaan saat ini.

Saat Ganjar tiba di lokasi, dia disambut petani dengan memberikan caping. Selanjutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu melayani permintaan salaman dan berswafoto, untuk kemudian berdialog dengan petani.

Ada 1.000 lebih petani yang antusias mengikuti dialog. Mereka curhat ke Ganjar, mulai dari air irigasi, kelangkaan pupuk, hingga utang Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk modal tanam.

BACA JUGA: Berikan Layanan yang Adil, Transparan dan Akuntabel untuk Seluruh Umat Beragama

Menurut Ganjar, pupuk sudah menjadi kebutuhan pokok petani dalam berproduksi. Sehingga, pemerintah harus menyediakan pupuk sesuai dengan kuota yang dibutuhkan petani. ”Maka Ganjar-Mahfud berkomitmen, negara harus memenuhi kebutuhan pupuk petani,” ujarnya.

Salah satunya dengan mendirikan pabrik pupuk. Untuk distribusinya, akan dilakukan melalui satu data KTP Sakti. ”Agar nanti juga tepat sasaran, nanti pendataan hanya menggunakan KTP Sakti,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menyampaikan soal program pemutihan utang bagi petani. ”Kemarin nelayan sudah, sekarang ini untuk petani. Kemarin saya buka datanya petani, kita hitung untuk kredit macet, kurang lebih angkanya Rp 600 miliar,” ujar Ganjar.

BACA JUGA: Ground Breaking Tanaman Perhutani Mantingan Didoakan Yatim Piatu agar Tumbuh Subur

Dari angka itu, menurut dia, bisa dilakukan pemutihan. Sehingga petani merasa terbantu, terutama mereka yang telah mengambil KUR. ”Karena petani merasa kesulitan, maka kita akan hapuskan dengan pemutihan, yang kurang lebih sebesar Rp 600 miliar itu,” paparnya.

Sementara itu, Adi Leo Saputra, salah satu petani mengaku, program Ganjar berpihak pada petani. Baik soal pupuk hingga pemutihan utang. ”Kami siap dukung Pak Ganjar sepenuhnya, karena programnya bagus untuk petani,” tandasnya.

Riyan