blank
Hendry Ch Bangun (Ketua Umum PWI Pusat). Foto: dok/pwipusat

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun mengatakan, peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), bakal berkesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik, dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 50 juta.

Didampingi Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah, pada Jumat (29/12/2023) di Jakarta, Hendry menjelaskan, kompetisi ini khusus bagi peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN, yang kick-off-nya dilakukan pada Kamis-Jumat (28-29/12/2023), serentak di tiga daerah sekaligus.

Tiga daerah itu di Manado (PWI Sulawesi Utara), di Kupang (PWI NTT) dan di Banda Aceh (PWI Provinsi Aceh). Usai dari tiga daerah itu, dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia, termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

BACA JUGA: Tiga Terdakwa Kasus Pencucian Uang Yayasan UMK Divonis 9 Tahun Penjara

Menurut Hendry, secara teknis berkaitan dengan pelaksanaan UKW ini, menjadi kewenangan dari Direktorat UKW PWI Pusat. Dan dari PWI Pusat, telah memberitahukan kepada seluruh Ketua PWI Provinsi.

Ditambahkan Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar, peserta kompetisi jurnalistik UKW PWI-BUMN ini, wajib memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Tema tulisan lomba ‘Peran BUMN Terhadap Kemajuan Pers Melalui UKW’.

”Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba, berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. Karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat, dengan waktu maksimal tiga hari setelah pelaksanaan UKW, yang digelar di masing-masing daerah,” kata Firdaus.

BACA JUGA: Pj Gubernur Kukuhkan GTD Bisnis dan HAM Daerah, Diantaranya Kakanwil Kemenkumham Jateng 

blankMengenai tema yang ditentukan, variabel pertama yakni peran BUMN saat ini. Sebagai bagian integral dari sektor publik, BUMN memiliki tanggung jawab besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan layanan publik yang vital.

Badan usaha adalah mitra pemerintah, dalam meningkatkan perekonomian Nasional. Misalnya dalam peningkatan ekspor. Selain itu, fungsi badan usaha sebagai perpanjangan tangan pemerintah, dalam pemerataan pendapatan masyarakat.

Berkaitan dengan peran BUMN terhadap kemajuan pers, Menteri BUMN pun mempercayai, wartawan jadi bagian utama industri pers, yang bekerja secara profesional. Atas profesionalitasnya itu, maka pemerintah dan industri lain, termasuk BUMN, sangat memperhatikan industri pers.

BACA JUGA: Pasar Krisak Diresmikan, Ditandai Pemotongan Tumpeng Kenduri

Salah satu bentuk perhatian itu antara lain diberikan oleh Kementerian BUMN dan jajarannya, dalam bentuk dukungan penyelenggaraan UKW. Dukungan itu diberikan, dengan harapan industri pers tetap mampu bersinergi dan berkontribusi untuk kemajuan BUMN.

”Di event ini akan diambil 10 orang pemenang, dan 15 orang juara harapan. Untuk pengumuman pemenang dijadwalkan akan dilakukan pada Juli 2024. Mudah-mudahan berdasarkan estimasi waktu yang akan tersedia terkait dengan program UKW-BUMN ini, sekitar Juli 2024 akan rampung,” jelas Firdaus lagi.

Ditegaskan dia, untuk mencapai standar kompetensi, seorang wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan, yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Riyan