blank
Dokter Faradiba Maharani paparkan pentingnya literasi kesehatan reproduksi wanita untuk cegah stunting, di Kantor PT Pegadaian Kanwil XI Jalan Ki Mangunsarkoro, Kota Semarang, Jumat 29 Desember 2023. Foto: Diaz Azminatul Abidin

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Pegadaian menjembatani literasi kesehatan antara dokter dan kaum ibu di Kota Semarang.

Program yang dimaksud yakni mengedukasi masyarakat kaum ibu khususnya soal literasi kesehatan reproduksi wanita dengan menghadirkan dokter sebagai narasumber.

Seratus orang perempuan warga Kota Semarang ikut dalam mini talk show bertajuk “Kesehatan Reproduksi Seorang Wanita adalah Pondasi Kesejahteraan Keluarga demi Generasi yang Akan Datang” di Kantor PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) XI Semarang, Jalan Ki Mangunsarkoro, Kota Semarang, Jumat 29 Desember 2023.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari Roadshow Ibu Sehat dan Sembako Keluarga bersama Pegadaian Syariah (Risalah), yang menghadirkan dr. Faradiba Maharani.

blank
Sejumlah masyarakat mendapat pelayanan kesehatan gratis di PT Pegadaian Kanwil XI Semarang. (Foto: Diaz Azminatul Abidin)

Dokter Faradiba Maharani menjelaskan dalam kegiatan edukasi itu kesehatan reproduksi wanita menjadi isu yang penting apalagi dalam pencegahan stunting.

“Jadi fokusnya yakni kita ingin mencegah stunting dimulai dari bidang kesehatan sang ibu. Yang akan kita jaga adalah kesehatan reproduksi perempuan,” kata dia.

Masyarakat antusias dalam kegiatan itu melalui tanya jawab, kemudian dijawab dengan suasana yang hangat oleh dr Diba, sapaan akrab dr. Faradiba Maharani.

Misalnya ada yang bertanya bagaiman ciri-ciri seorang perempuan menuju menopause. Ada pula yang bertanya soal pola menstruasi perempuan yang bisa berbeda antara satu dan lainnya.

blank
Foto bersama seusai pembagian sembako oleh segenap jajaran PT Pegadaian Kanwil XI Semarang kepada masyarakat. (Foto: Dok Pegadaian)

Sementara itu Pimpinan Wilayah PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Nuril Islamiah melalui Deputy Operasional Ari Agung Nugraha mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda menuju Milad Pegadaian Syariah yang ke 21.

“Salah satu bentuk kegiatannya, yakni bagaimana Pegadaian bisa memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat. Nah salah satunya kegiatan sosial. Selain ada pemeriksaan kesehatan gratis kami juga ada literasi kesehatan di sini, ada juga kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat,” kata dia.

Adapun roadshow yang sama tersebut dilakukan juga di 12 kantor wilayah PT Pegadaian di Indonesia. Khusus Kanwil Jateng-DIY dipusatkan di Kota Semarang.

Diaz Aza