blank
Ilustrasi manfaat konsumsi minuman herbal untuk daya tahan tubuh hadapi musim pancaroba. Foto: Hellosehat/shutterstock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Saat musim pancaroba (pergantian musim) sangat mempengaruhi perubahan suhu di lingkungan sekitar, hingga membuat imun tubuh menurun dan lebih rentan terkena penyakit.

Salah satu tips sehat di musim pancaroba untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi herbal. Lalu, apa manfaat mengkonsumsi herbal untuk menghadapi pancaroba?

Dikutip dari Hellosehat, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi herbal saat musim pancaroba.

1. Mengurangi efek peradangan

Ketika daya tahan tubuh menurun akibat cuaca tak menentu, tubuh cenderung rentan mengalami efek peradangan. Peradangan ini sangat mungkin terjadi pada bagian tubuh tertentu, seperti pada tenggorokan akibat batuk dan flu, atau bisa juga pada pencernaan akibat virus.

Sejumlah bahan-bahan herbal memiliki senyawa antiradang yang dapat mengurangi permasalahan ini. Dengan mengkonsumsi herbal, tubuh jadi terhindar dari risiko peradangan.

2. Membantu mengurangi kelelahan

Rasa lelah yang kamu alami bisa memicu penurunan daya tahan tubuh, sehingga lebih rentan terserang penyakit saat musim pancaroba. Mengkonsumsi herbal dapat membantu mengurangi rasa lelah kamu setelah beraktivitas seharian. Hal ini juga bisa berpengaruh pada daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang virus atau bakteri pemicu penyakit.

3. Meningkatkan imunitas

Bahan-bahan herbal yang kaya antioksidan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu selama pergantian musim. Mengkonsumsi herbal dapat mendukung pemeliharaan kesehatan, sehingga terhindar dari risiko terserang penyakit umum pancaroba.

Setelah mengkonsumsi herbal, tubuh pun jadi lebih bugar dan kamu tetap bisa produktif meski cuaca sedang tidak menentu.

Cara tepat memilih herbal

Untuk menunjang daya tahan tubuh, pilihlah bahan-bahan herbal yang memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.