Upacara pembukaan pembekalan bagi para anggota Pramuka Saka Wira Kartika Angkatan-10, digelar di halaman Makodim 0728 Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para anggota Pramuka Saka Wira Kartika, dibekali krida navigasi darat. Ini diberikan kepada 202 anggota Pramuka Saka Wira Kartika Angkatan-10, yang menerima pembekalan dan gemblengan dari Kodim 0728/Wonogiri.

Kegiatan ini, diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan Kamis (28/12), di halaman Makodim 0728 Wonogiri, dengan menyertakan pula sebanyak 120 anggota Sangga Kerja.

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri Pelda Indra, mengabarkan, kegiatan ini dibuka Dandim yang diwakili oleh Pamong Saka Wira Kartika Kak Pelda Gatot Haryanto. Tujuannya, untuk membentuk dan membina generasi muda, sebagai calon pemimpin bangsa dan patriot pembangunan di masa depan. Agar memiliki kepribadian yang kuat, disiplin, pantang menyerah, inovatif, serta mendorong keberhasilan cita-cita bangsa.

Untuk mengantarkan generasi muda menjadi insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, diharapkan mereka memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani, serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

Selama tiga hari, mereka menerima pembekalan berbagai materi. Yakni materi pembinaan tentang syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika Meliputi krida navigasi darat, krida pioneering, krida monitoring, krida survival dan krida penanggulangan bencana. Juga pembekalan tentang pembinaan kesadaran bela negara, dan melakukan outbound untuk meningkatkan kedisiplinan, jiwa kepemimpinan dan sikap tanggung jawab.

Navigasi darat adalah penentuan posisi dan arah perjalanan, baik di peta maupun medan sebenarnya. Sebagai Anggota Pramuka Saka Wira Kartika, yang senantiasa dekat dengan alam, pengetahuan peta dan kompas serta cara penggunaannya mutlak harus dimiliki.

Penguasaan navigasi darat, akan mempermudah perjalanan ke tempat-tempat jauh yang tidak dikenal, akan menjadi lebih mudah dan aman. Pengetahuan navigasi darat juga berguna ketika diperlukan dalam tindakan Search And Rescue (SAR) untuk melakukan usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung dan hutan, serta dalam penanganan bencana alam.

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial. Tujuannya, membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif, sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif, serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa, serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
Bambang Pur