blank
Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo dan anggota Bawaslu Grobogan Desi Ari Hartanta memeriksa kunci truk yang mengangkut surat suara DPR RI. Foto: dok KPU Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Surat suara untuk DPR RI sudah sampai ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan. Sedangkan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota belum datang.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan, hingga Kamis 28 Desember 2023, baru surat suara untuk DPR RI, sedangkan yang untuk Pilpres, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, masih menunggu jadwal.

Logistik Pemilu 2024 berupa surat suara DPR RI itu, tambah Agung Sutopo, dikirim Termprina Bawen menggunakan dua truk yang dikawal pihak kepolisian. Ada 2.304 kardus berisi surat suara DPR RI.

Truk pembawa surat suara DPR RI tersebut, lanjut Agung Sutopo sampai di Gudang KPU Grobogan di Desa Putat Kecamatan Purwodadi, pada Selasa 26 Desember 2023 pukul 19.30 WIB.

Baca juga Seorang Suami di Ngaringan Grobogan Melapor ke Polisi, Istrinya Hilang Sejak Rabu

Sebelumnya, menurut Agung Sutopo, selain ogistik surat suara DPR RI KPU sudah  menerima logistik lainnya berupa 7.410 kotak suara dan 18.628 bilik suara pada Oktober 2023.

Total surat suara DPR RI yang diterima KPU Grobogan sebanyak 1.151.745 lebih banyak dari jumlah pemilih yakni 1.125.968 orang.

“Ada tambahan 2 persen untuk tiap TPS dan 1.000 lembar untuk PSU (Pemungutan Suara Ulang). Tambahan 2 persen per TPS (Tempat Pemungutan Suara) sehingga lebih banyak dari jumlah pemilih. Sedangkan 1.000 lembar itu jika nanti dilakukan PSU,” tambah Agung Sutopo.
Sedangkan terkait surat suara lainnya, yakni surat suara pemilihan presiden, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Agung mengatakan, masih menunggu jadwal dari percetakan. Sementara mengenai rencana pemindahan lokasi penyimpanan surat suara ke Gedung Serba Guna Dewi Sri di Kelurahan Danyang, Kecamatan Purwodadi, Agung menjawab menunggu steril dulu.

“Jika sudah steril baru kita pindahkan ke Gedung Serba Guna Dewi Sri untuk persiapan pelipatan surat suara,” ujar Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Tya Wiedya