blank
Rektor SCU Ferdinand (kanan), saat memberikan keterangannya, didampingi Gabriel JP Ghewa (kedua dari kanan), selaku Ketua Panitia FGT 2024. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang, Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi mengatakan, penerapan pembelajaran yang joyful learning (menyenangkan), menjadi kunci dalam transformasi budaya sekolah.

Menurut dia, dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan, adaptif, dan inspiratif, guru dapat menciptakan lingkungan yang memicu keinginan siswa untuk belajar.

”Proses ini membuka pintu bagi kreativitas, kolaborasi, serta memperkuat nilai-nilai positif, seperti keberanian menghadapi tantangan, rasa ingin tahu yang tinggi, dan sikap pantang menyerah,” kata Ferdinand, dalam keterangannya kepada sejumlah awak media, terkait persiapannya menggelar event Festival Guru Transformatif (FGT) 2024, di Kampus SCU BSB, Semarang, Rabu (20/12/2023).

BACA JUGA: Trimanto Tak Menyangka Ganjar Mau Menginap di Rumahnya

Ditambahkan dia, Festival Guru Transformatif 2024 dibuka mulai 20 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024 mendatang. Peserta event ini adalah para guru yang berstatus guru PNS maupun guru non PNS.

Dalam kegiatan ini panitia hanya menerima peserta atau guru dari Pulau Jawa saja. Seperti dari Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan Banten, yang mengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat), serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK/Sederajat).

Sementara itu, Ketua Panitia FGT 2024, Gabriel JP Ghewa ST MT, dalam kesempatan yang sama menyebutkan, peserta bisa mendaftar keikutsertaannya melalui link: http://tiny.cc/daftarFGT2024. Peserta FGT 2024 hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya tulis dan dokumen.

BACA JUGA: Pedagang dan Pembeli di Pasar Gawok Berhamburan Kejar Ganjar

Diterangkan juga, karya yang diunggah berupa karya tulis dalam bentuk softcopy, sesuai dengan ketentuan dan sistematika yang dijelaskan pada Term Of Reference (TOR).

”Peserta yang lolos Tahap I, 15 orang dari masing-masing kategori. Peserta yang lolos dalam Tahap I akan diundang, untuk melakukan praktik mengajar dan wawancara secara langsung, di Kampus SCU Semarang,” papar dia.

Selanjutnya, peserta yang lolos Tahap II, yakni lima finalis dari masing-masing kategori. Peserta finalis akan diundang panitia untuk melakukan Uji Publik di tempat yang sama.

”Untuk total hadiah yang disediakan sebesar Rp 67 juta. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Gabriel (0822 3137 2143) atau Dhiyan (0811 2991 088),” tukasnya.

Riyan