IPNU-IPPNU Ranting Mambak menggelar kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) 24-25 Desember 2023.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Ikatan Pelajar Nahdltul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nadlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Ranting Mambak, Kecamatan Pakis Aji menggelar kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) 24-25 Desember 2023.

Mengangkat tema “Kaderisasi IPNU dan IPPNU dengan Ajaran Aswaja Sebagai Fondasi Organisasi Pemuda Berkarakter”.

Makesta merupakan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU-IPPNU sekaligus menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU-IPPNU yang sah. Dalam pelatihan ini diorientasikan untuk melakukan ideologisasi pada anggota baru..

Bertempat di Aula MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Makesta IPNU-IPPNU Ranting Mambak tahun ini mengangkat tema “Kaderisasi IPNU dan IPPNU dengan Ajaran Aswaja Sebagai Fondasi Organisasi Pemuda Berkarakter”.

Menurut Syalu Fatimatuz Zahro, S.Pd., Ketua IPPNU Ranting Mambak, melalui kegiatan Makesta ini diharapkan para pelajar NU dapat menjadi kader yang berkarakter berkemajuan sesuai dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan nilai aswaja An Nahdliyah dalam kehidupannya.

“Kami berharap peserta Makesta dapat menjadi kader NU yang berkarakter sesuai kemajuan zaman tanpa meninggalkan nilai Aswaja An Nahdliah dalam kehidupannya”, ujar Syalu, sapaan akrabnya.

Peserta Makesta IPNU-IPPNU Desa Mambak Tahun 2023 ini berjumlah 35 orang. Mereka terdiri dari perwakilan pemuda se-Desa Mambak, perwakilan siswa MTs dan MA Manba’ul Ulum Mambak. Mereka dibekali dengan materi Aswaja An Nahdliyah, Ke-NU-an, Ke-IPNU IPPNU-an, Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, Keorganisasian dan Study Gender.

Sementara itu, Ketua PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pakis Aji, Irvan Maulana, menyampaikan bahwa Makesta ini telah memberikan banyak manfaat bagi para peserta sehingga diharapkan dapat melanjutkan ke pengkaderan ke yang lebih tinggi lagi sehingga sapat menjadi kader yang kompeten dan bertanggung jawab..

“Kami dari PAC IPNU IPPNU Pakis Aji mengucapkan selamat dan sukses kepada PR. IPNU-IPPNU Mambak yang telah sukses melaksanakan Makesta. Semoga kader yang telah mengikuti Makesta ini bisa berkontribusi kepada ranting serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar”, kata Irvan.

“Semoga dengan kegiatan Makesta ini IPNU-IPPNU Ranting Mambak dapat melanjutkan jenjang ketingkat yang lebih tinggi dan menjadi kader yang kompeten sehingga bisa menjadi pemimpin yang dapat mengemban amanah dan tanggung jawab”, tegas Irvan.

ua