Ketep Pass
Kunjungan wisatawan ke objek wisata Ketep Pass di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang mengalami peningkatan 100 persen, selama liburan Natal 2023 dibandingkan dengan hari-hari libur biasa. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)- Angka kunjungan wisatawan ke objek wisata Ketep Pass di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang pada liburan Natal 2023 mengalami peningkatan yang signifikan.  Kenaikan angka kunjungan objek wisata di lereng Gunung Merbabu dan Merapi tersebut mencapai hampir 100 persen dibandingkan dengan hari-hari libur biasa.

“Kunjungan wisatawan di Ketep Pass pada akhir pekan dan hari- hari libur biasa hanya berkisar 1.000 hingga 1.500 orang. Sedangkan, di liburan Natal 2023 ini mengalami peningkatan hampir 100 persen,”kata Direktur  Daerah Tujuan Wisata ( DTW) Ketep Pass, Mul Budi Santoso, Selasa ( 26/12/2023).

Budi mengatakan, puncak kenaikan pengunjung tersebut  terjadi pada Sabtu ( 24/12)lalu yakni hampir mencapai 3.000 pengunjung.  Sedangkan, pada Senin ( 25/12) kemarin mencapai  2.400 pengunjung.

Ketep Pass
Direktur Daerah Tujuan Wisata ( DTW) Ketep Pass, Mul Budi Santoso. Foto: W. Cahyono

Sebenarnya angka kunjungan wisata ke  Ketep Pass tersebut bisa lebih dari 100 persen, tetapi terkendala dengan  daya tampung parker mobil dan bus yang terbatas, menyebabkan banyak calon wisatawan yang mengalihkan kunjungan ke obyek wisata terdekat.

“Karena, daya tampung tempat parker tidak bisa menampung lebih banyak  mobil. Maka, banyak pengunjung yang mengalihkan tujuan ke objek wisata terdekat, seperti, Negeri Kahyangan, Grojogan Kapuhan, Gunung Gupak,  air terjun Kedung Kayang dan lainnya,” katanya.

Menurutya, selama dua hari masa liburan Natal 2023, sebagian besar pengunjung menggunakan bus besar dan mobil pribadi. Sedangkan yang memakai sepeda motor, tidak begitu banyak.

Ia menambahkan, sebagian besar pengunjung ke objek wisata yang diresmikan pertama kali oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri pada 17 Oktober 2002 silam tersebut, berasal dari luar Jawa Tengah. Dengan dibuktikan plat-plat nomor mobil pengunjung berasal dari berbagai kota di Pulau Jawa, seperti dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edward Alfian menambahkan, selama liburan natal dan tahun baru, untuk harga tiket masuk tidak mengalami kenaikan. Yakni, tiket masuk obyek wisata Ketep Pass dan Museum Vulkanologi di  hari libur biasa sebesar Rp 12.500 per orang dan di hari-hari biasa Rp 10.500 per orangnya. Sedangkan,  untuk tiket masuk  terusan ke Vulcano Theatre dan Menara Langit sebesar Rp 9.000 per orangnya.

Ia menambahkan, di liburan natal dan tahun baru ini, pihaknya tidak menggelar acara kesenian. Melainkan, hanya menggandeng para penggiat kopi dengan menggelar brewbagi kopi.

“Selama liburan natal dan tahun baru, kami menggandeng penggiat kopi di lereng Merbabu dengan menggelar brewbagi kopi. Yakni, pengunjung bisa menikmati kopi sepuasnya dan membayar seiklasnya,”imbuhnya. W. Cahyono