blank

Saya bingung bagaimana cara membuat judul berita yang menarik?. Kalimat tersebut sering sekali disampaikan oleh mahasiswa saat saya mengajar tentang creative writting. Saya selalu mengatakan bahwa ketika Anda bisa membuat berita yang menarik pasti Anda juga bisa membuat judul yang menarik. Karena biasanya dari berita yang ditulis dengan konsep yang benar kita akan mudah menemukan kalimat kalimat menarik yang kemudian bisa kita ringkas menjadi  sebuah judul berita.

Saya juga sering mengatakan bahwa judul merupakan sebuah hal yang sangat penting. Karena ketika seseorang membaca berita yang dibaca pertama kali adalah judulnya. Judul yang menarik biasanya bisa mendorong keingintahuan seseorang untuk mau membaca isi dari sebuah berita.

Berikut kami sajikan beberapa hal penting saat menulis judul berita agar lebih menrik. Pertama, tulislah judul yang spesifik. Spesifik artinya khsusus. Ketika kita menulis berita tentang sepak bola maka kita fokus pada sepak bola begitu juga dengan judul beritanya spesifik tentang sepak bola. Misalnya saja judul berita “Prestasi Sepak Bola Indonesia Meningkat”.  Judul itu spesifik karena hanya membahas prestasi sepak bola. Sementara itu judul “Prestasi Olahraga Indonesia Meningkat”. Itu bukan judul yang spesifik karena cabang olah raga di Indonesia itu banyak sekali dan sepak bola menjadi salah satu dari bagian cabang olah raga.

Kedua, tulislah judul yang singkat. Membuat judul dengan kata kata singkat itu sangat penting agar langsung bisa dicerna oleh pembaca. Mampu membuat judul berita yang singkat namun memiliki makna yang kuat itu tidak mudah. Jika saya tanyakan kepada mahasiswa lebih mudah mana membuat judul  berita dengan kata kata yang pendek atau panjang?.  Rata rata dari mereka menjawab lebih mudah menulis judul yang panjang.

Di era media cetak seperti di koran misalnya,  betul betul ada semacam pembatasan dalam menulis judul karena keterbatasan ruang. Namun di era media massa online seperti saat ini ada kecenderungan judul berita ditulis lebih panjang. Bisa jadi hal itu dipengaruhi oleh tidak ada batasan ruang seperti halnya ketika menulis di media cetak.  Mampu menulis  judul berita secara singkat, padat, dan memiliki makna kuat tetaplah menjadi sebuah hal  yang lebih menarik bagi pembaca baik di media cetak maupun media online.

Ketika anda membuat berita tentang kekalahan timnas sepakbola Jepang  dari Timnas Iraq  dalam putaran grup piala Asia ada banyak judul singkat yang bisa diangkat. Contohnya: Jepang Tumbang. Jepang Tumbang Iraq Melenggang.

Ketiga, buatlah sebuah judul berita yang relevan dan merepresentasikan isi. Sebuah judul sebaiknya bisa merepresentasikan isi dari berita. Di era online seperti saat ini banyak sekali kita temui antara judul dan isi berita kenyataanya sangat jauh berbeda. Tidak sedikit pula antara judul dan isi berita tidak ada relevansinya sama sekali. Hal itu bisa dikatakan jurnalisme yang tidak beretika. Biasanya hal itu dilakukan oleh penulis atau redaksi untuk meningkatkan jumlah viewer.

Keempat, tampilkan data dalam judul. Menampikan data dalam judul  merupakan salah satu cara membuat judul lebih menarik atensi pembaca. Berikut contoh judul dengan menggunakan data:  6,3 Juta Anak Indonesia Menderita Stunting. Wikileaks Bocorkan 3.000 Data Rahasia. 3,3 Juta Masyarakat Miskin Ekstrem.

Silakan coba gunakan empat metode di  atas agar judul tulisan Anda menjadi lebih menarik bagi pembaca.

*Penulis: Nurkholis, SE MIKom, Dosen Prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang