blank
Kejurkab I Petanque oleh Cabor FOPI Blora, di lapangan Petanque Kridosono, depan SMKN 2 Blora.Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Petanque dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang diletakkan di depan pemain sebagai sasaran dan kaki harus berada di lingkaran kecil.

Permainan ini biasa dimainkan di rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lain. Olahraga ini bisa dilakukan secara individu maupun beregu.

Meski baru tiga tahun berdiri di Blora, cabang olahraga (Cabor) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Blora tak menyurutkan niat para pengurus Cabor untuk mengenalkan olahraga Petanque kepada masyarakat di wilayah setempat.

Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-274 Kabupaten Blora, FOPI Blora menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) antar pelajar kelompok umur dengan nomor perlombaan single dan ganda di lapangan Petanque Kridosono, depan SMKN 2 Blora.

Ketua harian FOPI Kabupaten Blora, Heri Purnomo, SH., mengatakan Kejurkab ini adalah tahun pertama diselenggarakan oleh cabor Petanque, sekaligus mensosialisasikan olahraga Petanque agar lebih dikenal masyarakat luas.

“Walaupun cabor baru, di tahun kedua Petanque sudah ikut menyumbangkan medali di Pekan Olahraga Daerah (Popda) Jateng tahun 2022,” ungkap Heri Purnomo, Jumat, (22/12/2023).

Tujuan Kejurkab ini, lanjut Heri Purnomo, selain untuk mensosialisasikan cabor petanque kepada pelajar, juga untuk mencari bibit atlet berpotensi usia remaja.

“Tahun depan mudah – mudahan petanque bisa di masukan lagi di Popda. Karena tahun kemarin tidak dipertandingkan. Kalaupun tidak dipertandingkan kita selenggarakan Popda sendiri,” imbuh Heri Purnomo.

Heri Purnomo berharap dengan Kejurkab ini, kedepan FOPI Blora bisa memiliki atlet yang berbakat untuk ikut di Kejuaraan tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

“Kejurkab ini, diikuti 78 peserta. Dengan kategori kelompok umur usia 12 dan 16 tahun, yamg diwakili 6 Kecamatan di Blora,” ucap Ketua FOPI Blora.

Pada kesempatan itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Iwan Setiyarso, S. Sos., M.Si., membacakan sambutan Bupati Blora, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Kejurkab perdana yang di selenggarakan oleh FOPI Blora.

“Pak Bupati ingin tahu permainan ini, dan ingin mencobanya. Namun karena ada hal lain yang lebih mendesak tidak bisa membuka acara ini. Mungkin lain waktu ya,” kata Iwan Setiyarso.

Iwan Setiyarso berpesan, kepada pengurus FOPI Blora untuk menjaga fasilitas lapangan petanque outdoor dengan baik.

“Maksimalkan latihan kalau ingin menjadi juara, teruslah berlatih,” kata Iwan Setiyarso.

Iwan Setiyarso berpesan kepada para peserta untuk menjaga sportivitas, dan mengucapkan selamat bertanding.

“Selamat bertanding, semoga kedepan bisa berprestasi ditingkat selanjutnya,” harap Iwan Setiyarso.

Kudnadi Saputro