Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi secara simbolis menyematkan PIN kepada personel tanda dimulainya Operasi Lilin Candi 2023. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi menyebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi peningkatan arus mudik pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Hal ini diungkapkan Kapolda usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Kota Semarang, Jumat (22/12/2023).

“Mengawali kegiatan operasi lilin candi ini kita sudah lakukan rapat lintas sektoral baik tingkat pemda maupun di tingkat Propinsi. Kita juga sudah lakukan latpraops. Hari ini kita lakukan gelar pasukan,” ujar Luthfi didampingi Pj. Gubernur Jateng, Nana Sudjana kepada awak media.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Pj. Gubernur Jateng, Nana Sudjana memberikan keterangan terkait pengamanan Nataru. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

Dijelaskan, sebanyak 15.250 personil TNI Polri dan stakeholder terkait dikerahkan dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru. Sebanyak 278 pos sudah berdiri dan sudah terisi oleh personel gabungan dari unsur TNI-Polri serta stakeholder.

“Para personel sudah insert di lokasi Pos Pengamanan (Pam) masing-masing sejak Jumat (22/12/2023) jam 00.00 WIB . Ini sebagai bentuk jaminan keamanan masyarakat kita yang melaksanakan mudik maupun balik serta ibadah natal dan tahun baru,” jelasnya.

Terkait peningkatan arus lalin, Luthfi menyebut, berdasarkan pantauan petugas di Tol Kalikangkung, tercatat mengalami peningkatan jumlah kendaraan. “Per hari ini (jumat) sudah 26 ribu kendaraan yang melintas di Tol Kalikangkung. Estimasi puncaknya pada Sabtu nanti, diprediksi mencapai 35 ribu kendaraan yang melintas,” tuturnya.