Upacara memperingati Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023 digelar di Mapolres Wonogiri. Semua petugas upacaranya dipercayakan kepada para personel Polwan. Termasuk petugas perwira dan komandan upacara sampai pengibar bendera.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, Jumat (22/12), menggelar upacara memperingati Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023. Semua petugas upacara, dipercayakan kepada para personel Polisi Wanita (Polwan).

”Seperti perwira upacara, komandan upacara, pengibar bendera, pembaca pembukaan UUD-45 dan pembaca sejarah Hari Ibu, semuanya dilakukan oleh personel Polwan Polres Wonogiri,” jelas Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo.

Upacara diikuti oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, termasuk di dalamnya para Kabag, Kasat, Kasi bersama perwira dan bintara. Juga diikuti oleh seluruh personel Aparat Sipil Negara (ASN) yang berdinas sebagai staf di Mapolres Wonogiri.

Mewakili Kapolres, Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo tampil menjadi inspektur upacara, untuk sekaligus membacakan amanat dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Secara nasional, setiap Tanggal 22 Desember, Bangsa Indonesia memperingati Hari Ibu. Peringatan Hari Ibu bagi Bangsa Indonesia, bukanlah Mother’s Day. Sebab didasari oleh momentum diselenggarakannya kongres perempuan pertama, pada Bulan Desember 1928 di Yogyakarta.

Jasa Besar

Berawal dari kongres tersebut, kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden RI Pertama, Bung Karno, Berkaitan ini, maka esensi peringatan Hari Ibu, bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar Ibu. Namun lebih dari itu, untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara,

Melalui peringatan Hari Ibu, jajaran Polwan dan ASN wanita dapat semakin berkembang kemampuannya, dalam upaya meningkatkan kompetensinya secara terus-menerus. Utamanya dalam memberikan kontribusi bagi institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara. Yakni melalui sikap profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, tanpa mengesampingkan kodratnya sebagai seorang wanita yang memiliki peran ganda.

Pada bagian lain amanatnya, dipesankan untuk senantiasa meningkatkan manajemen keluarga, dengan memaksimalkan peran sebagai ibu rumah tangga, sekaligus sebagai wanita karier. Bijaklah dalam bersosial media, dan jangan bergaya hidup mewah.

Tingkatkan sinergitas dengan perempuan dari berbagai kalangan dan profesi lain. Hal ini untuk memperluas jaringan, menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman, serta memperkuat persatuan dan kesatuan perempuan Indonesia.

Tetaplah semangat, tulus dan ikhlas dalam pengabdian sebagai Polwan dan ASN wanita. ”Sehingga dapat menjadi perempuan-perempuan tangguh dan unggul, yang berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia maju,” tandas Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo.
Bambang Pur