Menyambut Nataru, jajaran Polres Wonogiri menggelar Lat Pra Ops Lilin Candi yang dipimpin Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo. Ikut memberikan paparan, Kabag Ops AKP Agus Samsyudin (berdiri di podium).(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri bersama jajaran TNI dan aparat keamanan dari instansi terkait, siap mengamankan seluruh agenda perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Semua potensi kerawanan dipetakan, untuk kemudian dicarikan antisipasi solusinya.

Terkait hal tersebut, Kamis (21/12), jajaran Polres Wonogiri menggelar latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2023. Lat Pra Ops ini, dipimpin Wakapolres Wonogiri Kompol Andi Mohammad Akbar Mekuo.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, kegiatan Lat Pra Ops berlangsung di Aula Sanika Satyawada Polres Wonogiri. Kegiatan ini, sekaligus untuk menyiapkan dan membekali personel, utamanya yang akan diterjunkan dalam pengamanan Nataru 2023/2024.

Wakapolres Wonogiri Kompol Andi Mohammad Akbar Mekuo, menyatakan, untuk pengamanan Nataru akan dilakukan melalui Operasi Lilin yang merupakan operasi kepolisian terpusat. Operasi, akan digelar selama 12 hari, terhitung mulai Tanggal 22 Desember 2023 sampai Tanggal 2 Januari 2024.

Lat Pra Ops, digelar dalam upaya menyamakan persepsi dan memetakan potensi-potensi kerawanan yang ada di wilayah hukum Polres Wonogiri. Juga untuk meningkatkan kemampuan personel yang terlibat dalam operasi. Sehingga pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2023, nantinya dapat berjalan lancar dan mampu menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Ikut memberikan paparan, Kabag Ops Polres Wonogiri AKP Agus Syamsudin. Kata Agus, pelaksanakan operasi untuk memastikan terwujudnya pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Tujuannya, agar masyarakat dapat merayakan Nataru dengan aman, selamat, tertib, lancar dan damai serta terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Happy Asmara

Guna mendukung jalannya operasi, Polres Wonogiri akan mendirikan sedikitnya 2 Pos Pelayanan dan Pengamanan Nataru. Lokasinya di depan Gereja Yohanes Rasul dan di Waduk Gajahmungkur.

Selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi, akan diterjunkan sedikitnya 300 personel gabungan, terdiri atas sebanyak 219 personel Polres ditambah 81 personel gabungan dari jajaran TNI bersama aparat dari instansi terkait.

Petugas yang melaksanakan kegiatan, akan fokus dalam mengamankan sejumlah gereja dan rumah ibadah, yang menggelar perayaan Natal. Juga akan mengamankan seluruh tempat pelancongan yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Wonogiri. Termasuk objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur dan wisata bahari di kawasan pantai selatan Kabupaten Wonogiri.

Sedangkan untuk pengamanan perayaan malam menyambut pergantian tahun, petugas akan mengamankan sejumlah lokasi yang menjadi pemusatan publik. Termasuk konser musik Happy Asmara, yang akan digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri.

Khusus untuk perayaan malam pergantian tahun, petugas akan fokus pada pengamanan di sejumlah lokasi penumpukan massa. Bersamaan itu, juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di seputaran Kota Wonogiri, dan sejumlah ruas jalan di lingkar Alun-alun.
Bambang Pur