Pelatihan Pra Operasi Lilin Candi 2023 di Aula Mapolres Jepara yang dibuka langsung Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang diwakili oleh Wakapolres Jepara Kompol Berry

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Polres Jepara menggelar Pelatihan Pra Operasi Lilin Candi 2023 di Aula Mapolres Jepara yang dibuka langsung Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang diwakili oleh Wakapolres Jepara Kompol Berry, Kamis (21/12/2023).

Operasi Lilin Candi 2023 untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 akan digelar  selama 12 hari yakni mulai dari tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 yang bersamaan dengan masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam sambutannya, Wakapolres Jepara Kompol Berry menyampaikan, bahwa kegiatan Lat Pra Ops bertujuan untuk menyamankan visi, misi, pola pikir dan pola tindak bagi personel Polres Jepara yang bertugas di lapangan dalam Ops Lilin Candi 2023.

, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono dalam paparannya mengatakan, seluruh Polres melaksanakan operasi tersebut untuk memastikan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

“Agar Personel memahami tugas operasi dan dapat melaksanakan fungsi serta perannya secara profesional, sehingga terwujudnya situasi yang kondusif dan mengamankan Natal 2023 serta Tahun Baru (Nataru) 2024 berjalan dengan aman dan lancar di Kabupaten Jepara ini,” ujar Kompol Berry.

Dalam Operasi Lilin Candi 2023, kata dia, Polri mengedepankan kegiatan pencegahan didukung dengan deteksi dini.

“Polri ingin masyarakat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman, nyaman dan selamat,” katanya.

Oleh karena itu, pengamanan Operasi Lilin Candi 2023 kali ini berkonsentrasi pada tempat ibadah, obyek wisata dan antisipasi aksi terorisme yang memanfaatkan momen hari raya Natal dan Tahun Baru sekaligus Pesta Demokrasi memasuki masa kampanye Pilpres dan Pileg tahun 2024.

Tidak hanya itu, Kompol Berry juga menambahkan, dalam upaya mengantisipasi pengamanan Nataru 2023 ini Polres Jepara memberikan atensi penuh terhadap peningkatan arus lalu lintas, pengamanan Gereja, lokasi perayaan tahun baru dengan selalu melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam penempatan pos dan personel pengamanan.

“Laksanakan pelatihan dengan serius dan fokus, pahami materi yang diberikan oleh instruktur sehingga dapat melaksanakan tugas dengan professional dilapangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono dalam paparannya mengatakan, seluruh Polres melaksanakan operasi tersebut untuk memastikan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dengan begitu masyarakat dapat merayakan Nataru dengan aman, selamat, tertib, dan lancar.

“Personel yang dilibatkan dalam Ops Lilin Candi 2023 sebanyak 447 personel gabungan,” ujarnya.

Personel tersebut terdiri 246 personel Polri, 60 personel Kodim 0719/Jepara. Kemudian, masing-masing personel Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, petugas pemadam kebakaran, BPBD, Orari/Rapi/Senkom dan Saka Bhayangkara.

“Untuk diketahui dalam Ops Lilin tersebut Polres Jepara juga mendirikan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan,” tegasnya.

Hadepe