Sekda dengan pengurus KORMI yang baru foto bersama. Foto: Spw

KENDAL (SUARABARU.ID)- Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Sugiono, menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Kendal periode 2023- 2027 di Gedung Abdi Praja, Setda Kendal, Jumat (15/12/2023).

Hadir pada acara ini, Kepala Disporapar Kendal Ircham Chalid, Asisten Pemerintahan Muhammad Noor Fauzi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait, dan sejumlah tamu undangan lain.

Sekda Kendal Sugiono yang mewakili Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Kendal periode 20023 2027.

Sekda berpesan kepada pengurus KORMI yang baru agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan amanah, untuk membangun dan mengembangkan olahraga yang ada di Kabupaten Kendal.

“Setelah dikukuhkan, segeralah melakukan rapat kerja dan menyusun program-program yang akan diutamakan. Lakukan pembinaan terhadap organisasi- organisasi yang ada di Kabupaten Kendal,” pinta Sugiono.

Dengan hadirnya KORMI yang ada di Kendal ini, Sugiono berharap, bisa memberikan kontribusi positif bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal, yang tentu KORMI ini sendiri harus mendapat support dari Disporapar Kendal terkait anggaran dan Disdikbud Kendal sebagai support sumber daya manusianya.

“KORMI merupakan induk organisasi olahraga yang mewadahi olahraga rekreasi bagi mitra strategis pemerintah daerah dalam menyukseskan beberapa program pembangunan industri pariwisata, UMKM dan SDM yang ada di Kabupaten Kendal,” ujar Sugiono.

Sugiono juga menyampaikan, bahwa pihaknya siap mendukung apa yang menjadi program kerja KORMI termasuk dalam bidang visi misi pembangunan Kabupaten Kendal khususnya untuk membangkitkan kembali olahraga rekreasi yang ada di Kabupaten Kendal.

Sugiono menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kendal siap mendukung program KORMI yang akan mempopulerkan olahraga rekreasi warisan leluhur yang memiliki nilai filosofi tinggi, rasa kebersamaan, kerja sama, semangat gotong royong dan tantangan ini.

“Kami akan senang dan bahagia dengan melestarikan olahraga rekreasi dalam upaya untuk menggaungkan kegiatan seperti engklek, egrang, bakiak dan lainnya. Hal ini untuk mengasah kekompakan, kebersamaan dan kegotongroyongan serta berani menghadapi tantangan,”paparnya.

Ketua KORMI Kabupaten Kendal, Dwi Cahyono Suryo mengatakan di KORMI, saat ini ada sekitar 50 lebih kegiatan olahraga. Kalau semakin banyak kegiatan olahraga, tentu semakin banyak yang mengukir prestasi di Kabupaten Kendal.

Menurut Dwi Cahyono, di KORMI itu ada tiga komisi, pertama komisi olahraga tradisional dan seni budaya, yang menggali kearifan lokal.

Dan yang kedua adalah komisi kesehatan kebugaran aerobik, senam, dansa dan senam jantung sehat serta komisi kesegaran dan kebugaran. Dan yang ketiga adalah komisi olahraga petualangan dan tantangan.

“Pada kepengurusan baru ini, hampir 80 persen dari pengurus lama, sehingga sudah solid dan sinergi. Jika ada kekurangan-kekurangan di tahun kemarin, kami berusaha menutupi untuk meningkatkan yang ada di tahun berikutnya,” kata Dwi Cahyono.

Menurut Dwi Cahyono, KORMI sebelum ada undang-undang yang baru, bernama PORNI. Terus berubah nama menjadi KORMI, yang bunyinya Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia. Namun sekarang menjadi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia, hanya saja kalimat ‘rekreasi’ hilang.

“Meski kalimat rekreasinya hilang, tapi tidak menghilangkan suasana di tempat wisata dan kegembiraan. Jadi KORMI singkatannya menjadi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia,” ujar Dwi Cahyono.

Sapawi