blank
Siti Atikoh bersama KH Yasin Nawawi, terlibat dalam perbincangan santai, saat keduanya bertemu pada Rabu (6/12/2023). Foto: tmgp

BANTUL (SUARABARU.ID)– Keluarga Besar Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Kompleks K3 Arafah, di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyambut hangat kedatangan Siti Atikoh Supriyanti, Rabu (6/12/2023).

Istri Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo ini, mendapat hadiah puisi berjudul ‘Belajar Dari Atikoh’, dari salah satu santri ponpes itu.

Kunjungan ke kompleks Yayasan Ali Maksum, Krapyak, Bantul ini, merupakan rangkaian kegiatan safari politiknya sejak Senin (4/12/2023) lalu. Atikoh blusukan menemui kelompok perempuan di akar rumput, dan sowan ke beberapa ponpes.

BACA JUGA: Belum Banyak Kampanye Peserta Pemilu 2024

Adalah KH Yasin Nawawi, pengasuh dan Ketua Yayasan Ponpes An-Nur Yogyakarta, yang menyambut Siti Atikoh, usai melaksanakan Shalat Magrib berjamaah di masjid setempat. Diiringi musik hadroh, Atikoh diantar menuju kediaman kiai.

”Selamat datang Ibu Atikoh, Alhamdulillah senang sekali rasanya, kita kehadiran tamu istimewa,” ucap perwakilan keluarga.

Atikoh dan KH Yasin Nawawi didampingi keluarga besar Bani Nawawi, kemudian berbincang selama sekitar satu jam. Sambil makan malam, mereka larut dalam perbincangan asyik.

BACA JUGA: Lima Jenis Jus Buah yang Dapat Mencegah Kebutaan dan Juga Katarak Mata

Di momen itu, Atikoh juga sempat berdialog dengan lingkungan ponpes. Salah satunya dengan santri putri bernama Muyassarotul Hafidzoh, yang memberikan hadiah puisi.

”Puisi ini berjudul ‘Belajar Dari Atikoh’, yang saya buat baru saja, setelah mendengarkan bagaimana ibu menjelaskan dan terlihat sekali keilmuannya, yang membuat saya terinspirasi,” ucapnya.

Atikoh pun tak henti-hentinya tersenyum. Dia menyampaikan rasa terima kasihnya, dan mengaku trenyuh oleh puisi yang dibuat Muyassarotul itu. ”Terima kasih ya Ning, saya sampai merinding dengarnya,” ungkap Atikoh.

BACA JUGA: IKN Jadi Bukti Komitmen Melanjutkan Mimpi Besar Bung Karno

blank
KH Yasin Nawawi dan Siti Atikoh saat memberikan keterangan pers, usai pertemuan di antara keduanya. Foto: tmgp

Sementara itu, KH Yasin di momen ini juga mengutarakan dukungannya terhadap pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kepada Atikoh, Yasin menyebut Ganjar adalah sosok pemimpin yang merakyat.

”Dua sosok ini pasangan yang hebat, merakyat dan penuh pengalaman serta tegas,” ujar dia.

KH Yasin juga menyampaikan, dari tiga pasangan yang ada, hanya duet Ganjar-Mahfud yang lahir dan besar dari desa. Dia pun yakin, keduanya dapat merasakan suasana kebatinan rakyat daripada pasangan lainnya.

BACA JUGA: Perdes Perlindungan TKI Sudah Usang, Perlu Harmonisasi dengan UU yang Baru

”Lainnya orang elit-elit yang tidak tahu kebutuhan orang desa. Pak Ganjar Pranowo adalah sosok yang ndesa, tumbuh dari desa meniti karier dari desa dan bisa nguwongke wong desa, bisa mengayomi,” lanjutnya.

Yasin juga meyakini, pasangan Ganjar-Mahfud akan berpihak pada pendidikan, khususnya pesantren. Sebab menurutnya, UU Pesantren yang sudah ada, belum diimplementasikan dengan baik.

”Ganjar-Mahfud saya yakini jadi pasangan hebat. Semoga Allah mengabulkan doa kami, dan tahun ini Bapak Ganjar-Mahfud bisa memenangkan Pilpres 2024 ini,” tegas Yasin.

BACA JUGA: Dalang Cilik Eel Tampil Memukau di Puncak HUT PGRI Batang

Sedangkan Atikoh menyampaikan rasa syukurnya, atas dukungan yang disampaikan. Menurutnya, ini sangat berarti, dan menjadi penyemangat bagi dirinya.

”Tentu ini membuat saya merasa sangat terhormat, merasa mendapatkan dukungan moril yang luar biasa. Dan ini menumbuhkan optimisme bagi kami. Insya Allah dengan dukungan para pak kiai dengan doa, Insya Allah nanti semuanya akan lancar, dipermudah,” tandasnya.

Riyan