blank
Ilustrasi jamur kuping yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jamur kuping atau dengan nama lain Auricularia auricula merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Fungi yang masuk ke dalam kelas ini umumnya makroskopis atau mudah dilihat dengan mata telanjang.

Jamur ini dikenal dengan nama jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia. Karakteristik unik dari jamur ini yaitu memiliki tubuh buah yang kenyal jika dalam keadaan segar.

Di alam jamur kuping biasanya tumbuh pada batang-batang kayu yang sudah lapuk. Seperti halnya jamur jenis lain, secara umum ciri jamur kuping ini adalah berdaging lunak seperti agar-agar, sedikit elastis, tembus cahaya, mudah pecah jika dikeringkan dan tidak berbau atau beraroma.

Baca Juga: Tiga Manfaat Daun Talas yang Baik Dikonsumsi bagi Kesehatan

Jamur kuping mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menghilangkan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif inilah yang terkait dengan peradangan dan berbagai jenis penyakit.

Manfaat jamur kuping hitam ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena jamur kuping hitam pada umumnya memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9 atau asam folat, dan vitamin C.

Selain memiliki citarasa yang tergolong enak, jamur yang memiliki bentuk seperti daun telinga ini juga diyakini memiliki banyak kandungan yang cukup menyehatkan bagi tubuh. Berikut 3 manfaat kesehatan dari mengonsumsi jamur kuping.

Baca Juga: Ini Makanan Fermentasi dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh, Simak!

1. Dapat Mencegah Alzheimer

Salah satu manfaat luar biasa dari mengonsumsi jamur kuping adalah diyakini dapat mencegah munculnya penyakit Alzheimer. Melansir dari artikel dalam “International Journal of Medicinal Mushrooms”, beberapa jenis jamus seperti Shitake, Enoki dan Jamur kuping memiliki beberapa senyawa yang berperan menyehatkan sistem saraf otak dan mencegah kepikunan.

Jamur kuping memiliki kandungan nutrisi yang berperan mengambat perkembangan enzim beta side dalam tubuh. Enzim beta side sendiri merupakan senyawa yang bertanggungjawab dalam pelepasan beta-amyloid pepsida yang dapat memicu kepikunan dan Alzheimer pada orang-orang berusia lanjut.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi jamur kuping secara teratur juga diyakini dapat menurukan kadar kolestrol dalam darah. Melansir dari artikel berjudul “The effect of edible black tree fungus (Auricuaria auricula) on experimental atherosclerosis in rabbits,” hasil uji coba pemberian jamur kuping pada subjek kelinci dapat membantu menurukan kadar kolestrol jahat pada tubuh mamalia tersebut.

Baca Juga: Tips Hilangkan Jamur Kaca pada Mobil

Kemungkinan dampak yang sama dapat berfungsi terhadap manusia. Selain itu, jamur kuping juga memiliki banyak kandungan senyawa anti oksidan seperti fenolik. tokoferol, asam askorbat dan karotenoid yang dapat berperan menangkal radikal bebas dan menyehatkan aliran darah serta jantung pada tubuh.

3. Membantu Meregenerasi Sel-sel Tubuh

Mengonsumsi jamur kuping secara teratur juga dapat membantu sel-sel tubuh beregenerasi. Melansir dari laman hellosehat.com, jamur kuping kaya akan protein, lemak, serat pangan, fosfor dan natrium. Senyawa-senyawa mineral tersebut sangat berguna bagi tubuh untuk meregenerasi sel-sel mati dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima. Selain itu, mengonsumsi jamur kuping juga dapat mencegah seseorang terserang anemia karena kandungan zat besi dalam jamur kuping baik bagi sistem peredaran darah.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi jamur kuping. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia